Jangan Dilewatkan, Ini 6 Cara Menentukan Ukuran Baju Saat Belanja Online

Jangan Dilewatkan, Ini 6 Cara Menentukan Ukuran Baju Saat Belanja Online

Jangan Dilewatkan, Ini 6 Cara Menentukan Ukuran Baju Saat Belanja Online

Siapa yang belum pernah belanja online? Rasanya, semua orang kini pernah mencoba belanja online, tak terkecuali untuk membeli baju. Namun terkadang, membeli baju saat belanja online tak selalu mudah dilakukan, lho.

Salah satu hal yang sering membuat kita bingung saat membeli baju secara online adalah menentukan ukuran baju yang tepat. Salah sedikit saja, baju yang kita beli bisa kebesaran atau bahkan kekecilan, sehingga tak bisa kita pakai.

Bila kamu salah satu yang masih bingung tentang hal ini, kamu bisa membaca artikel berikut untuk mendapatkan jurus jitu agar tak salah menentukan ukuran baju saat belanja online!

Cara Menentukan Ukuran Baju Saat Belanja Online

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk menentukan ukuran baju saat belanja online:

1. Ukur tubuh sendiri

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar tak bingung menentukan ukuran baju saat belanja online adalah dengan mengetahui ukuran tubuh sendiri. 

Kamu bisa mengukur ukuran pinggang, lebar bahu, lingkar dada, dan lainnya. Agar lebih akurat, ukur tubuhmu dengan pita meteran jahit. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencatat ukuran tubuhmu, ya.

Sebagai bantuan, kamu bisa melihat ilustrasi berikut sebagai panduanmu dalam mengukur ukuran tubuh :

  • Panjang Lengan (PL) : E ke F
  • Panjang Baju (PB) : C ke D
  • Lingkar Pinggang (LP) : I ke J
  • Lebar Bahu (LB) : G ke H
  • Lingkar Dada (LD) : A ke B

2. Cermati size chart baju

Secara umum, masyarakat Indonesia mengenal ukuran baju berdasarkan kode huruf berupa S, M, L, XL, dan seterusnya. Kode huruf ini merupakan singkatan dari kata Bahasa Inggris, misalnya S untuk mewakili ukuran small dan XL yang berarti Extra Large. 

Singkatan ukuran baju secara umum :

S = Small

M = Medium

L = Large

XL = Extra Large

XXL = Double Extra Large

Namun, setiap brand pakaian biasanya memiliki detail ukuran yang berbeda. Sebagai contoh, ukuran baju M brand A memiliki lingkar dada 100 cm, sementara ukuran baju M di brand B memiliki lingkar dada 110 cm. Bahkan, di dalam satu brand, ukuran baju M tersebut pun bisa berbeda, tergantung model baju yang dijual.

Oleh karena itu, selain mengukur ukuran tubuh dengan tepat, kamu juga disarankan mencermati size chart baju yang mau kamu beli agar tidak salah pilih ukuran. 

3. Hindari memilih ukuran baju berdasarkan berat badan

Ini adalah salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh banyak orang saat membeli baju secara online. Pasalnya, ukuran tubuh kita bisa dipengaruhi oleh banyak hal, tak hanya berat badan. Salah satunya adalah tinggi badan.

Dua orang yang memiliki berat badan sama, misalnya 50 kg, namun dengan tinggi yang berbeda bisa memiliki ukuran baju yang berbeda pula. Orang pertama yang memiliki tinggi badan 165, mungkin akan lebih cocok mengenakan baju berukuran M. Sementara orang yang memiliki tinggi 155, akan lebih cocok mengenakan baju berukuran L. 

4. Perhatikan material baju yang ingin dibeli

Saat kamu berbelanja online, kamu biasanya akan menemukan banyak toko yang mencantumkan material baju yang dijual secara spesifik. Nah, hal ini juga perlu menjadi perhatian utamamu, ya.

Pasalnya, beberapa bahan baju bisa saja menyusut setelah dicuci. Bila kamu membeli baju dengan material seperti ini, kamu bisa mempertimbangkan membeli ukuran baju satu tingkat di atas ukuran baju biasamu.

5. Baca ulasan pembeli bila ada

Luangkanlah waktu sejenak untuk membaca review atau ulasan dari pembeli yang lain. Bukan sekadar melihat tingkat kepuasan pembeli, membaca review juga bisa membantu kamu untuk memiliki gambaran akan seperti apa model dan ukuran baju yang kamu beli.

Bahkan, beberapa review mungkin menyertakan foto try on baju yang dibeli. Tak hanya itu, ada juga pembeli yang menyertakan deskripsi mengenai ukuran tubuh mereka. Nah, dengan begini kamu akan lebih mudah menentukan ukuran bajumu, bukan?

6. Tanya customer service bila ragu

Bila kamu masih ragu meski telah mencoba beberapa cara di atas, kamu bisa bertanya ke customer service untuk mendapatkan keterangan ukuran baju yang lebih detail. Tak hanya itu, customer service juga biasanya dapat memberikan saran ukuran pakaian yang paling pas denganmu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tidak salah lagi dalam menentukan ukuran baju saat belanja online. Kini, no more hambatan untuk belanja online lagi, ya, ladies!

Bila kamu mencari brand pakaian yang bisa dibeli secara online, kamu bisa mempertimbangkan Benang Jarum, nih. Tak hanya di website Buttonscarves, Benang Jarum juga bisa kamu temukan di berbagai market place, lho

Selain itu, di setiap produknya, Benang Jarum juga menyediakan size chart yang detail. Kamu juga bisa bertanya mengenai ukuran baju yang pas buat kamu melalui customer service Benang Jarum di WhatsApp atau sesuai market place di mana kamu membeli bajunya, ya!

Cek juga semua koleksi baju atasan wanita mulai dari kemeja, blouse, hingga tunik di website Benang Jarum!

Back to blog