5 Cara Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman agar Tidur Makin Nyenyak - Buttonscarves

5 Cara Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman agar Tidur Makin Nyenyak

Tempat tidur yang tak rapi, bantal yang terasa keras, atau selimut yang kasar, bisa saja mengganggu istirahatmu. Karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara membuat tempat tidur lebih nyaman agar tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

Terlebih bila kamu merasa lelah karena padatnya aktivitas seharian. Tempat tidur pun wajib terasa nyaman agar kamu bisa mengisi ulang energimu dengan maksimal untuk menghadapi aktivitas di keesokan hari.

Lalu, sebenarnya apa saja cara membuat tempat tidur lebih nyaman yang bisa dilakukan? Yuk, simak artikel berikut untuk mendapatkan jawabannya!

Cara Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat tempat tidur menjadi tempat istirahat yang nyaman:

1. Pertimbangkan memilih kasur dengan kualitas terbaik

Sering kali kasur yang digunakan dalam waktu terlalu lama menurun kualitasnya. Namun, mencari kasur baru dengan kualitas yang bagus juga tak selalu mudah. Pasalnya, ada banyak jenis kasur yang bisa ditemukan di pasaran, mulai dari kasur busa, kasur memory foam, hingga spring bed.

Memory foam dibuat dari bahan elastis yang bisa mengikuti bentuk tubuh. Oleh karena itu, tak hanya nyaman, memory foam juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Namun, kasur ini dinilai lebih panas dibandingkan dengan kasur jenis lainnya.

Nah, salah satu jenis kasur yang berkualitas dan cukup sering digunakan adalah spring bed. Kamu bisa memilih spring bed yang diinilai cukup empuk karena terbuat dari busa tebal dan juga pegas besi, serta sejuk, sehingga mampu menambah rasa nyaman saat tidur.

Namun, bila masih bingung, kamu bisa meminta saran pada toko di tempat kamu membeli kasur, ya.

2. Ganti bantal tidur dengan yang nyaman

Tak hanya kasur, bantal yang digunakan pun bisa menjadi penentu tingkat kualitas tidur. Dalam hal ini, kamu bisa menyesuaikan bantal yang dipilih berdasarkan posisi tidur atau isi di dalamnya.

Bila kamu sering tidur telentang, pilihlah bantal yang tipis agar kepala dan tengkuk leher tetap sejajar dengan punggung. Sementara itu, bila kamu lebih sering tidur menghadap ke samping, pilih bantal yang bisa mengikuti bentuk kepala, misalnya memory foam agar posisi leher tidak jauh terlalu tinggi dari tulang belakang.

Sementara itu, dari isiannya, ada dua jenis bantal yang dianggap lembut dan cocok digunakan untuk mengurangi ketegangan pada rahang atau leher, yaitu bantal dengan isi busa atau bulu angsa. 

3. Pastikan tempat tidur selalu bersih

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar tempat tidur menjadi nyaman adalah memastikannya tetap bersih dan rapi. Untuk menjaga kebersihan kasur, kamu disarankan mengganti sprei dan sarung bantal setiap dua minggu sekali. 

Hal ini karena sisa sel kulit mati dan keringat dari tubuh bisa saja mengotori tempat tidur dan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri, sehingga kasur menjadi bau dan tak nyaman digunakan. Untuk membunuh bakteri, kamu bisa mencuci sprei dan sarung bantal dengan air hangat.

Selain kebersihannya, kamu juga sebaiknya menjaga kasur tetap rapi. Bila memungkikan, selalu rapikan kasur di pagi hari setelah kamu bangun dari tidur. Dengan demikian, kasur dapat digunakan dengan lebih nyaman di malam hari tanpa harus kamu rapikan terlebih dulu lagi.

4. Pilih sprei yang cocok untuk dua musim

Indonesia adalah negara dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Oleh karena itu, agar tidur lebih nyenyak, kamu disarankan memilih sprei yang dapat digunakan di dua musim, misalnya sprei berbahan katun dan bambu organik.

Katun tentu sudah dikenal banyak orang. Namun, sprei berbahan bambu organik mungkin belum terlalu familiar di telingamu. Sprei berbahan bambu dianggap memiliki sifat yang mirip dengan katun, yaitu breathable atau tidak menjebak hawa panas. Bahkan sifat breathable bambu organik dianggap lebih baik dari katun.

Serat bambu juga dikenal memiliki kandungan alami antimikroba, sehingga dapat mengurangi berkembangnya bakteri di sprei karena sisa keringat dan sel kulit mati. 

Selain itu, sprei berbahan serat bambu juga eco-friendly, sangat lembut, dan dapat menjaga tubuh tetap hangat saat musim dingin, tetapi tidak  membuat tubuh terasa gerah saat musim panas.

5. Gunakan selimut yang sejuk dan bertekstur lembut

Selain sprei, perhatikan juga jenis selimut yang kamu gunakan. Selain menggunakan selimut biasa, bedcover juga sering dipakai sebagai selimut karena bahannya yang tebal.

Meski demikian, tak sedikit orang yang kini lebih memilih menggunakan duvet dari pada bedcover. Meski memiliki fungsi yang serupa, kain duvet dapat dibuka dan dikeluarkan isiannya, sedangkan bedcover tidak. Oleh karena itu, duvet dapat diganti sesering mungkin dan lebih mudah dicuci dari pada bed cover.

Selain itu, duvet juga cenderung lebih hemat tempat penyimpanan karena meski bentuknya lebih besar, duvet tidak terlalu tebal. Duvet pun mampu menjaga tubuh tetap hangat saat cuaca sedang dingin, namun tetap sejuk saat digunakan dalam cuaca panas. 

Sama seperti sprai, kamu bisa memilih duvet berbahan bambu organik atau katun untuk membantu tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas.

Selain dengan beberapa cara di atas, kamu juga dapat melakukan beberapa tips lainnya agar tidur lebih nyenyak, seperti menghindari olahraga, konsumsi makanan berat, serta mematikan alat elektronik dan lampu sebelum tidur. Bila perlu, gunakan aromaterapi agar pikiran lebih rileks dan mudah tidur.

Nah, itulah beberapa cara membuat tidur lebih nyaman yang bisa kamu coba. Bila kamu tertarik dengan sprei atau bedsheet dan duvet berbahan serat bambu, kamu bisa mencoba membelinya di www.buttonscarves.com. Terbuat dari 100% organic bamboo, bedsheet dan duvet Buttonscarves akan memberikanmu kenyamanan tidur yang tak ada duanya!