5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah - Buttonscarves

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah

Menggunakan sepatu dalam waktu lama terkadang dapat membuat sepatu menjadi bau. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan diri sendiri dan bahkan orang di sekitar. Namun, sebenarnya menghilangkan bau sepatu tak sulit dilakukan, lho.

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan serta trik yang mudah diterapkan untuk menghilangkan bau sepatu. Lalu, apa saja caranya? Mari, simak artikel berikut untuk menemukan jawabannya!

Tips Menghilangkan Bau Sepatu

Berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan bau sepatu yang cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri dengan santai di rumah:

1. Menaburkan baking soda

Baking soda telah lama dikenal akan khasiatnya untuk berbagai hal, tak terkecuali untuk menyerap bau tidak sedap dari dalam sepatu. Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan baking soda ke dalam sepatu dan diamkan hingga semalaman.

Kemudian, bersihkan baking soda dengan cara menepuk-nepuk sepatu secara perlahan atau menggunakan bulu sikat halus. Bila kamu takut baking soda merusak kulit bagian dalam sepatu, kamu bisa membungkusnya dengan kain tipis atau tisu terlebih dahulu sebelum mendiamkannya semalaman.

2. Menggunakan bubuk kopi

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah kopi. Kopi dikenal akan aromanya yang khas dan juga sangat harum. Tak hanya itu, kopi juga dinilai mampu menyerap bau yang tidak sedap, bahkan bau sepatu sekalipun.

Cara penggunaan kopi untuk menyingkirkan bau sepatu pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal membungkus kopi dengan kain tipis atau kaus kaki. Kemudian, masukkan ke dalam sepatu dan tunggu selama beberapa jam.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mendiamkan bubuk kopi di dalam sepatu semalaman atau hingga bau tak sedap di dalam sepatu dirasa telah lenyap.

3. Menggunakan kantong teh hitam bekas

Teh hitam adalah salah satu bahan alami yang mengandung antioksidan polifenol. Antioksidan ini diketahui ampuh membunuh bakteri, tak terkecuali bakteri penyebab munculnya bau pada sepatu.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menyeduh kantong teh hitam terlebih dulu di dalam air mendidih selama 2-3 menit. Kemudian, tiriskan hingga dingin. Setelah itu, letakkan kantong teh di dalam sepatu selama 1 jam atau hingga bau sepatu dirasa berkurang.

Bila kamu khawatir kantong teh akan menghilangkan noda pada alas kaki sepatu, kamu bisa meletakkan kantong teh denga alas yang bersih, seperti plastik bening berukuran kecil.

4. Menggunakan koran bekas

Trik menghilangkan bau sepatu dengan koran bekas juga dapat kamu pertimbangkan untuk dicoba. Pasalnya, kertas koran mengandung karbon yang ternyata ampuh menyerap bau, termasuk juga bau sepatu.

Untuk menggunakannya, kamu hanya tinggal meremas koran bekas hingga berbentuk seperti gumpalan. Namun, jangan gumpal kertas koran sampai terlalu padat. Kemudian, diamkan hingga semalaman di tempat yang kering.

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa membungkus sepatumu dengan kertas koran dengan rapat untuk mengusir bau yang ada. Namun, hal ini sebaiknya dilakukan hanya jika kamu yakin bahan kulit sepatumu tidak akan membuat tinta dari koran berpindah dan membekas di permukaannya.

5. Menyemprotkan shoe deodorizer

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau sepatu adalah menyemprotkan shoe deodorizer  atau shoe perfume. Tak hanya mengandung pewangi yang dapat menyamarkan bau tidak sedap, beberapa jenis shoe deodorant yang beredar di pasaran juga memiliki kandungan yang mampu membasmi bakteri atau jamur penyebab bau di dalam sepatu.

Selain beberapa cara di atas, untuk menghilangkan bau sepatu, kamu juga bisa mencoba mencuci sepatumu dengan detergen berbahan lembut. Bila kamu ragu melakukannya karena takut sepatumu rusak, kamu bisa membawa sepatumu ke laundry khusus sepatu, ya.

Tak hanya itu, agar bau di sepatu juga dapat hilang dengan maksimal, kamu juga disarankan menerapkan cara menghilangkan bau kaki dengan rutin, mulai dari rutin mencuci kaki, memotong kuku, menggunakan sepatu secara bergantian, hingga menggunakan kaus kaki.

Nah, salah satu kaus kaki yang mampu menyerap keringat dengan baik adalah Monogram Socks dari Buttonscarves. Hal ini karena Monogram Socks terbuat dari 80% katun yang dapat menyerap keringat dan menjaga sepatu tetap kering. Monogram Socks juga terbuat dari 15% bahan polyester yang membuatnya dapat digunakan oleh pada kaki hingga berukuran 42 cm. 

Cek koleksi kaos kaki dari Buttonscarves di sini !

Setelah membaca artikel di atas, kamu pun bisa mencoba tips menghilangkan bau sepatu yang sesuai dan cocok dengan keinginanmu. Sekarang, saatnya kamu mengucapkan selamat tinggal pada si bau sepatu!

Back to blog