6 Cara Merawat Tas Kulit Sintetis agar Tetap Awet - Buttonscarves

6 Cara Merawat Tas Kulit Sintetis agar Tetap Awet

Bukan hanya untuk membawa barang, tas juga berfungsi sebagai penunjang penampilan. Nah, salah satu jenis tas yang kini masih digandrungi oleh banyak orang adalah tas kulit sintetis. Namun sayangnya, masih banyak pula yang belum tahu tips merawat tas kulit sintetis agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Selain cantik dan memiliki tampilan serupa dengan tas kulit asli, tas kulit sintetis atau vegan leather juga dinilai lebih animal-friendly dan ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit limbah dibandingkan tas dari kulit asli. Sebab itu, banyak orang yang kini mulai beralih menggunakan tas kulit sintetis.

Lalu, sebenarnya bagaimana tips atau cara merawat tas kulit sintetis agar tidak terkelupas dan tetap awet sehingga bisa digunakan dalam waktu lama? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahuinya!

Tips Merawat Tas dan Dompet Kulit Sintetis agar Tetap Awet 

Berikut ini adalah tips merawat tas dan dompet kulit sintetis yang bisa kamu lakukan agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang:

1. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung

Tas dan dompet memang digunakan untuk membawa berbagai barang saat berpergian. Namun, sebisa mungkin jauhkanlah tas kulit sintetis dari paparan sinar matahari langsung, terlebih dalam waktu yang lama.

Pasalnya, panas dari sinar matahari dapat membuat kulit tas menjadi mengembang, kering, dan retak. Dalam waktu lama, retakan pada tas kulit sintetis akan mengelupas dan membuat tas menjadi rusak.

Tak hanya itu, panas sinar matahari juga bisa membuat warna tas menjadi lebih cepat pudar. Hal ini tentunya akan mengurangi keindahan tampilan tas kulit sintetis mu.

2. Bersihkan tas kulit sintetis setiap minggu

Membersihkan tas dan dompet kulit memang penting dilakukan agar debu tidak mengeras menjadi noda dan menempel di tas hingga sulit dibersihkan. Namun, tetap saja tas kulit sintetis sebaiknya tidak dibersihkan terlalu sering. 

Kamu disarankan membersihkan tas dan dompet kulit sintetis setidaknya satu kali seminggu bila tas sering digunakan atau satu kali sebulan bila tas lebih sering disimpan. Cara membersihkan tas kulit sintetis dari jamur adalah menggunakan kain microfiber lembut yang telah diberikan sedikit air. Kemudian, usap kulit tas secara perlahan hingga debu terangkat.

Bila noda yang menempel pada tas sangat membandel dan sulit diangkat, gunakan campurkan air dengan sabun berbahan lembut terlebih dahulu sebelum menuangkannya pada kain microfiber.

Satu hal yang perlu kamu ingat, bila kamu ingin membersihkan tas dengan cepat, misalnya saat sedang berada di luar rumah, gunakanlah tisu basah yang bebas alkohol. Sebab alkohol dapat membuat kulit tas menjadi kering dan mengelupas. Itulah beberapa cara membersihkan tas kulit sintetis dari jamur.

3. Hindari penyimpanan tas dengan cara ditumpuk atau digantung

Tahukah kamu, cara menyimpan tas juga dapat menentukan usia tas kulit sintetis, lho. Alih-alih dengan cara ditumpuk dengan alasan menghemat ruangan, simpanlah tas kulit sintetis dengan cara didirikan dan disusun rapi di dalam rak atau lemari.

Menyimpan tas dengan cara ditumpuk bisa merubah bentuk asli tas. Sementara itu, menyimpan tas dengan cara digantung akan membuat bagian tali atau pegangan tas jadi terlalu meregang sehingga mudah terkelupas.

Selain menyimpannya secara rapi, tambahkan juga isian di dalam tas, seperti busa atau kain agar tas tetap kokoh dan tidak berubah bentuk.

4. Jaga tas dan dompet kulit sintetis agar selalu kering

Cara merawat tas kulit sintetis berikutnya adalah menjaga tas tetap kering penting dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada tas. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjaga tingkat kelembapan rak atau lemari tempat kamu menyimpan tas.

Pastikan lemari atau rak tetap kering dan sering dibersihkan. Bila perlu, gunakan silica gel di dalam tas untuk membantu menyerap kelembapan berlebih. Selain itu, bila tas terkena air, segera keringkan menggunakan kain lembut secara perlahan. 

Hal yang sama berlaku juga saat kamu baru selesai membersihkan tas. Pastikan tas sudah dalam keadaan kering sebelum meletakannya kembali ke dalam rak atau lemari penyimpanan.

5. Gunakan tas kulit sintetis secara bergantian

Sama halnya dengan manusia, tas juga membutuhkan waktu istirahat. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk merotasi atau mengganti-ganti penggunaan tas mu. 

Gunakan tas kulit sintetis secara bergantian, tidak terlalu sering disimpan ataupun terlalu sering digunakan berhari-hari dalam waktu lama. Hal ini dapat membantu tas kulit sintetis tidak mudah rusak dan tahan lebih lama.

6. Pakai pouch untuk menyimpan barang bila perlu

Beberapa barang yang kita bawa bepergian, seperti lipstik, blush on, atau cushion, rentan meninggalkan noda warna dalam tas. Dalam waktu yang lama, noda dari barang-barang tersebut akan sulit dihilangkan.

Oleh sebab itu, kamu disarankan menggunakan pouch untuk menyimpan barang-barangmu sebelum memasukannya ke dalam tas. Dengan demikian, tas kulit sintetismu pun tidak mudah kotor.

Nah, itulah beberapa tips merawat tas kulit sintetis agar tetap awet dan cara membersihkan tas kulit sintetis agar terjaga kualitasnya. Dengan mengikuti berbagai tips di atas, tas kulit sintetis kesayanganmu pun dapat dipakai dalam waktu yang jauh lebih lama. Bila kamu tertarik menambah koleksi tas kulit sintetis atau vegan leather, kamu bisa mencarinya di www.buttonscarves.com, ladies!