Cara Mencerahkan Bibir Gelap agar Semakin Percaya Diri

Cara Mencerahkan Bibir Gelap agar Semakin Percaya Diri

Cara Mencerahkan Bibir Gelap agar Semakin Percaya Diri

Hampir setiap wanita mendambakan bibir yang sehat dan merona. Namun terkadang, perubahan warna bibir jadi lebih gelap dan kusam menjadi kondisi yang tak bisa dihindari. Hal inilah yang kemudian membuat wanita jadi kurang percaya diri karena bibir gelap yang dianggap mengganggu penampilan.

Beberapa penyebab yang umumnya menjadi pemicu bibir hitam, di antaranya adalah iritasi, alergi terhadap produk kecantikan, paparan sinar matahari terlalu lama, perubahan hormon, hingga genetik. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan dan merawat bibir gelap.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips untuk membuat bibir lebih cerah melalui artikel di bawah ini. 

Tips Mengatasi Bibir Hitam agar Lebih Percaya Diri

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan bibir gelap, berikut adalah beberapa di antaranya: 

1. Hindari menjilat dan menggigit bibir

Cara pertama yang paling simpel dan tidak membutuhkan bahan adalah dengan menghindari menjilat dan menggigit bibir. Hal ini karena kebiasaan menjilat dan menggigit bibir dapat mengakibatkan bibir jadi mudah kering, gatal, pecah-pecah, dan iritasi yang lama-lama dapat memicu bibir jadi hitam. 

Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan buruk ini. Jangan sampai kamu malah memperburuk keadaan dengan cara menjilat dan menggigit bibir, ya.

2. Minum air yang cukup

mengatasi bibir gelap: Minum air yang cukup

Sumber gambar: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga dapat menjadi cara untuk mengatasi bibir gelap. Kamu bisa minum setidaknya dua liter atau setara delapan gelas air setiap harinya. 

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tubuhmu tetap terhidrasi serta mencegah bibir jadi kering, sehingga warna bibir terlihat lebih cerah. Menambahkan irisan lemon ke dalam gelas air juga diperbolehkan untuk rasa yang lebih nikmat dan menyegarkan. 

3. Lakukan eksfoliasi bibir

mengatasi bibir gelap dengan Lakukan eksfoliasi bibir

Sumber gambar: Photo by Alena Darmel from Pexels

Mengeksfoliasi bibir bisa dilakukan dengan menggunakan lip scrub untuk memerahkan bibir secara alami. Pilih lip scrub dengan ekstrak shea butter, olive oil, dan jojoba oil yang menjaga bibir agar tetap lembap dan terhindar dari bibir kering. 

Selain itu, scrub bibir juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan kolagen baru. Pembentukan kolagen tersebutlah yang mampu memperlambat proses penuaan kulit sehingga bibir kamu bisa tampak lebih cerah.

4. Oles bibir dengan minyak madu, minyak zaitun, atau minyak almond

mengatasi bibir hitam: Oles bibir dengan minyak madu, minyak zaitun, atau minyak almond

Sumber gambar: Photo by Pixabay

Tak hanya cara-cara di atas, kamu juga bisa secara rutin mengoleskan bibir dengan minyak madu, minyak zaitun ataupun minyak almond. 

Minyak almond memiliki kandungan properti emollient yang berfungsi untuk meremajakan dan menghaluskan kulit bibir, sehingga warna bibir yang kusam bisa berubah menjadi lebih merah dan cerah. Begitu juga dengan minyak zaitun, ia memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang dapat mengatasi kondisi bibir yang kusam. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan madu yang mengandung glukosa dan fruktosa untuk merangsang epidermis yang akan memproduksi kolagen baru, sehingga menimbulkan warna merah pada bibir. Pilih salah satu dari ketiganya untuk dipakai secara rutin di pagi dan malam hari. 

5. Manfaatkan mentimun untuk masker bibir

mengatasi bibir gelap: Manfaatkan mentimun untuk masker bibir
Sumber gambar: Photo by Toni Cuenca

Mentimun memang terkenal fungsinya yang biasa digunakan untuk masker wajah. Tapi, tahukah kamu kalau mentimun juga bisa kamu manfaatkan sebagai lip mask untuk mencerahkan bibir?

Penggunaan masker bibir dengan bahan-bahan alami, seperti mentimun, lemon, dan madu dipercaya cukup efektif dalam mencerahkan area kulit yang gelap termasuk bibir.

Untuk membuat masker bibir alami, campur semua bahan tersebut untuk membuat pure atau ampas mentimun. Setelah semuanya diblender, simpan pure mentimun ke dalam kulkas. Apabila ramuan mentimun telah dingin, celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan ampas mentimun ke area bibir yang gelap. 

6. Gunakan pelembap bibir

mengatasi bibir gelap: Gunakan pelembap bibir

Sumber gambar: Photo by Burst

Menggunakan pelembap bibir atau lip balm juga dapat menjadi cara untuk merawat bibir. Memang tidak langsung membuat bibir jadi merona, tapi rutin menggunakan pelembap dapat jadi langkah awal untuk mengatasi atau mencegah bibir yang kering. Dengan begitu, bibir jadi terlihat lebih sehat dan terhindar dari kondisi kusam atau menghitam. 

Agar bibir dapat lembap maksimal dan bertahan sepanjang hari, gunakanlah pelembap bibir yang mengandung madu, minyak kelapa, shea butter, atau petrolatum.

7. Gunakan lipstik dengan kandungan yang aman dan pigmentasi tinggi

mengatasi bibir gelap: Gunakan lipstik dengan kandungan yang aman dan pigmentasi tinggiButtonscarves Beauty The Cozy Lip Whipped Cream

Terakhir, cara instan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir gelap adalah dengan memakai lipstik. Tapi, jangan sampai kamu sembarangan memakai lipstik, ladies. Pilihlah produk lip yang memiliki pigmentasi tinggi. Pasalnya, pigmen yang intens dapat memberikan warna yang lebih pekat dan merata pada bibir. Hal ini akan membantu menutupi warna asli bibir yang lebih gelap.

Selain itu, pastikan juga kamu memakai lipstik yang memiliki kandungan aman, seperti Vitamin E atau Jojoba Oil. Hindari penggunaan lipstik dengan kandungan yang memicu reaksi alergi atau iritasi. Beberapa di antaranya, yaitu kamper, minyak kayu putih, peppermint, mentol, parfum, lanolin, fenol, dan asam salisilat. Jika digunakan terus-menerus, kandungan tersebut dapat memicu bibir jadi hitam.

Baca Juga: Cara Memilih Lip Cream untuk Bibir Kering agar Tetap Lembap

Itu dia, ladies, beberapa cara mencerahkan bibir gelap agar kamu semakin percaya diri. Bagaimana, cara-cara di atas cukup mudah, kan?

Buttonscarves Beauty The Cozy Lip Whipped Cream

Buttonscarves Beauty The Cozy Lip Whipped Cream

Apabila kamu sedang membutuhkan produk lip dengan kandungan yang aman, The Cozy Lip Whipped Cream dari Buttonscarves Beauty dapat jadi pilihan yang tepat untukmu. Lip product dari Buttonscarves ini memiliki formula Vitamin E dan Jojoba Oil yang menyehatkan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menghidrasi bibir dan membuat bibir jadi lebih lembap dan cerah. 

Tak hanya itu, The Cozy Lip Whipped Cream juga dibuat dengan formulasi high-coverage, sehingga mampu memberikan pigmentasi warna yang baik untuk bibir berwarna gelap. Warna-warna yang dihadirkan pun cukup beragam, mulai dari warna nude, netral, hingga merah yang bold. Dengan pilihan warna ini, kamu bebas mengekspresikan tampilan dan memilih warna lip cream kesukaanmu.

Back to blog

Latest articles

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Ini Dia 7 Model Tas Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Ini Dia 7 Model Tas Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengetahui Ukuran Celana yang Pas

Cara Mengetahui Ukuran Celana yang Pas

Cara Mudah Menghilangkan Noda Luntur pada Baju

Cara Mudah Menghilangkan Noda Luntur pada Baju

Bawahan yang Cocok dengan Blouse? Simak Tips Padu Padannya di sini

Bawahan yang Cocok dengan Blouse? Simak Tips Padu Padannya di sini

Bedak biasa dan bedak cushion, apa bedanya? Simak Penjelasan Berikut!

Bedak biasa dan bedak cushion, apa bedanya? Simak Penjelasan Berikut!

All articles

Categories

Beauty Fashion Other