Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Di musim hujan, sepatu jadi salah satu fashion item yang membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, sepatu biasanya mudah kotor di musim hujan karena terkena becek maupun basah saat melewati jalanan yang tergenang. Tentunya dalam kondisi seperti ini, sepatu harus segera dicuci supaya tidak meninggalkan bau dan dapat segera digunakan untuk aktivitas selanjutnya. 

Nah, tapi yang jadi masalah juga adalah sepatu yang dicuci cenderung susah kering karena intensitas sinar matahari yang minim di musim hujan. Oleh karena itu, kamu perlu mengakalinya dengan cara lain untuk mengeringkan sepatu. Bagaimana caranya?

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips praktis tentang cara mengeringkan sepatu dengan cepat agar kamu bisa kembali menggunakannya dalam waktu singkat. Yuk, simak artikel di bawah ini. 

Langkah-langkah Mengeringkan Sepatu dengan Cepat 

Mengeringkan sepatu dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kualitas sepatu dan mencegah timbulnya bau tak sedap atau kerusakan pada bagian lapisan luar. Ini dia tipsnya:

1. Gunakan bola koran

Gunakan bola koran

Sumber gambar: Shutterstock

Ketika kamu menemukan sepatu yang kamu cuci ternyata masih basah di malam hari, sementara sudah tak ada waktu lagi untuk menjemurnya, maka kamu bisa memanfaatkan koran untuk mengeringkannya. Hal ini karena kertas koran bisa jadi solusi cepat untuk menyerap kelembapan sepatu. 

Remas dan bentuk koran seperti bola, lalu masukkan ke bagian dalam sepatu. Dorong gumpalan koran ke dalam sepatu sejauh mungkin. Kemudian, masukkan gumpalan koran yang baru hingga sepatu penuh.

Jika koran mulai terasa lembab atau basah, gantilah dengan koran yang kering. Ulangi proses tersebut hingga sepatu sepenuhnya kering dan kelembapan sepatu terserap dengan baik.

2. Letakkan di belakang kulkas

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar ide satu ini. Meski terdengar unik, tapi cara ini cukup ampuh, lho. Pasalnya, kulkas yang hidup dapat menghasilkan sedikit panas di belakangnya, dan area ini dapat digunakan untuk mengeringkan sepatu dengan cepat.

Namun, sebaiknya kamu juga memperhatikan bahan sepatumu saat kamu menerapkan metode ini. Hindari cara ini jika kamu ingin mengeringkan sepatu berbahan kulit karena beresiko dapat membuatnya jadi rusak akibat panas berlebih.

3. Keringkan pakai AC atau kipas

Metode satu ini adalah cara termudah yang mungkin sering terlintas di pikiranmu. Cara ini memang tergolong cukup aman meski membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengeringkannya.

Letakkan sepatu tepat di depan kipas angin. Pastikan kipas angin tidak terlalu dekat agar tidak merusak bahan sepatu. Cara lain adalah kamu bisa menggantungkan sepatu di bawah AC. Atur tombol swing dan buat settingan di mana AC mengarah ke bawah supaya semburan angin AC dapat langsung mengenai sepatu. 

4. Gunakan hair dryer

Gunakan hair dryer

Sumber gambar: Shutterstock

Selain dapat mengeringkan rambut, hair dryer juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan sepatu yang basah, lho. Pastikan untuk mengatur suhu hangat dan tidak terlalu panas pada hairdryer. Saat melakukannya, posisikan hairdryer dengan jarak yang tidak terlalu jauh, lalu gerakkan hairdryer secara perlahan agar udara panas tersebar merata.

Saat sepatu sudah mulai terasa kering, kurangi intensitas penggunaan hair dryer atau hentikan penggunaan hair dryer. Setelah selesai dikeringkan, biarkan sepatu dingin sebelum digunakan kembali.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan kamu tidak menerapkan cara ini untuk mengeringkan sepatu kulit. 

5. Pengering mesin cuci

Pengering mesin cuci

Sumber gambar: Shutterstock

Mengeringkan sepatu dengan pengering mesin cuci bisa kamu terapkan pada sepatu yang berbahan kain. Ingat, mesin cuci digunakan untuk mengeringkan sepatu saja ya, bukan untuk mencucinya. Hal ini karena pengering mesin cuci dapat membantu kandungan air di sepatu berkurang drastis.

Sesuaikan lamanya pengeringan tergantung tingkat kebasahan dan juga jenis sepatu. Apabila jenis sepatumu menggunakan bahan canvas atau katun, mengeringkannya dalam waktu lama tidak akan jadi masalah karena tidak akan mudah rusak.  

6. Pengering sepatu elektrik

Pengering sepatu elektrik

Sumber gambar: Shutterstock

Terakhir, jika kamu menginginkan solusi yang lebih canggih untuk mengeringkan sepatu, maka menggunakan alat pengering sepatu elektrik dapat jadi pilihan yang tepat dan aman. Pasalnya, alat pengering sepatu elektrik memang dirancang khusus untuk mengeringkan sepatu dengan cepat.

Pengering sepatu elektrik umumnya akan menghasilkan udara hangat secara terkontrol yang secara efisien, sehingga dapat mengeringkan sepatu dari dalam. Penggunaan alat pengering sepatu ini bisa mengurangi risiko pertumbuhan jamur atau bau yang tidak diinginkan akibat sepatu yang lembab. 

Baca Juga: Cara Merawat Kerudung Plisket agar Lipatannya Awet

Itu dia berbagai tips untuk mengeringkan sepatu dengan cepat yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya!

Buttonscarves Dakota Sneakers in Light Grey & Dakota Sneakers in Beige

Buttonscarves Dakota Sneakers in Light Grey & Dakota Sneakers in Beige

Apabila kamu ingin menambah koleksi sneakers yang kekinian, Dakota Sneakers dari Buttonscarves dapat jadi pilihan yang sempurna untukmu. Terbuat dari bahan sheepskin leather yang ringan dan lembut, kamu tidak akan merasakan rasa sakit atau lecet saat memakainya seharian. Dilengkapi dengan motif monogram B dan hak 5.5 cm, membuat Dakota Sneakers tampak modern saat dikenakan. Kamu dapat memakai Dakota Sneakers untuk olahraga ataupun untuk melengkapi outfit smart casual-mu.

Temukan Dakota Sneakers Buttonscarves hanya di online store Buttonscarves atau offline store Buttonscarves Lifestyle terdekat. 

Back to blog

Latest articles

Apa Itu Wajah Breakout? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Wajah Breakout? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jilbab Kuning Cocok dengan Baju Warna Apa? Simak Daftarnya Berikut

Jilbab Kuning Cocok dengan Baju Warna Apa? Simak Daftarnya Berikut

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

6 Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

All articles

Categories

Beauty Fashion Other