Cara Mengukur Kaki untuk Temukan Ukuran Sepatu yang Pas

Cara Mengukur Kaki untuk Temukan Ukuran Sepatu yang Pas

Cara Mengukur Kaki untuk Temukan Ukuran Sepatu yang Pas

Tidak hanya dapat melindungi kaki, sepatu juga dapat menunjang penampilan kita. Kadang-kadang, sepatu yang kamu beli sudah sesuai dengan seleramu. Tapi sayangnya, tidak dengan ukurannya. Di sinilah PR-nya. Memilih sepatu bukan semata memilih model yang kamu suka, namun kamu juga perlu memperhatikan ukurannya. 

Salah memilih ukuran sepatu bisa sangat merepotkan. Sepatu yang terlalu sempit atau longgar tentu tidak akan nyaman dipakai. Karena itu, ketika membeli sepatu, pastikanlah kamu mencobanya terlebih dahulu. 

Cara Mengetahui Ukuran Sepatu yang Akurat 

Mungkin keadaan membuatmu tidak sempat membeli sepatu ke toko atau ke mall. Tentu dalam situasi ini, hal yang terlintas di pikiranmu adalah membelinya secara online. Tapi, di sisi lain kamu juga khawatir kalau sepatu yang kamu check out berujung kebesaran atau kekecilan. 

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kamu bisa melakukan pengukuran kaki di rumah sebelum membeli sepatu, ladies. Begini caranya:

1. Ukur panjang kaki menggunakan pita meteran

Sumber gambar: Shutterstock

Kamu bisa menggunakan pita meteran untuk mengukur panjang lingkar kakimu. Kamu tidak perlu mengukurnya dengan sangat presisi. Sisakan sedikit panjang tambahan untuk memberikan ruang antara kaki dan sepatumu. Kemudian, catat hasilnya. Cocokkan hasil yang kamu dapat dengan tabel standar ukuran sepatu internasional supaya kamu tahu ukuran kakimu setara dengan ukuran sepatu nomor berapa. 

2. Gambar jejak kaki dan ukur pakai penggaris

Gambar jejak kaki dan ukur pakai penggaris
Sumber gambar: Shutterstock

Cara kedua, siapkanlah spidol atau pena untuk menggambar jejak kakimu. Lalu siapkan selembar kertas A4 yang datar. Kemudian, letakkan kakimu di atas kertas. Gunakan spidol atau pena untuk melacak tepi kakimu dengan hati-hati, sehingga terbentuklah gambar jejak kaki secara lengkap. 

Setelah itu, gunakan penggaris untuk mengukur panjang dan lebar jejak kakimu yang sudah tergambar. Pastikan untuk mengukurnya dari titik terjauh di bagian depan hingga titik terjauh di bagian belakang, serta dari titik terluar di bagian samping kiri ke titik terluas di bagian samping kanan. Hasilnya, kamu jadi mengetahui ukuran sepatu yang sesuai dengan kakimu.

3. Gunakan standar ukuran sepatu lama

Langkah ketiga ini merupakan cara yang paling sering digunakan. Biasanya, kamu hanya akan mengacu kepada ukuran sepatu lamamu yang masih pas, jadi berikutnya tinggal beli sepatu yang ukurannya sama. Namun sebisa mungkin tetaplah lakukan pengukuran, terutama pada bagian panjang insole (bagian dalam sepatu tempat telapak kaki berada) dan outsole (bagian bawah sepatu yang bersentuhan langsung dengan permukaan lantai), serta pada bagian vamp/upper atau bagian atas sepatu.

Dengan mengukur panjang insole dan outsole saat membeli sepatu, kamu dapat mengetahui ukuran berapa yang paling sesuai dengan panjang kakimu. Sedangkan pengukuran pada bagian vamp/upper gunanya adalah untuk memastikan apakah sepatu yang kamu beli sudah pas, terlalu longgar, atau terlalu ketat saat kamu coba. Pengukuran ini juga bisa menanggulangi potensi cedera yang diakibatkan gesekan atau tekanan berlebih pada bagian atas kaki.

4. Tambahkan 0,5 cm -1 cm bagi pemilik kaki lebar

Jika kamu adalah pemilik kaki lebar, tambahkanlah 0,5 hingga 1 sentimeter (cm) pada panjang sepatu yang akan dibeli saat melakukan pengukuran. Sebagai contoh, jika panjang kakimu adalah 24 cm, maka ukuran sepatumu bisa saja menjadi 24,5 cm atau 25 cm. Hal ini dilakukan agar sepatumu tidak terlalu sempit, sehingga lebih nyaman saat dipakai. 

5. Konversi Ukuran Sepatu

Umumnya, ukuran sepatu yang dijual di Indonesia mengacu pada standar yang digunakan di Eropa (EU). Dibanding ukuran Amerika Serikat (US) dan Inggris (UK), ukuran EU lebih familiar di sini. Namun, ada juga beberapa toko yang hanya menyediakan opsi ukuran sepatu US dan UK. 

Sebagai contoh, ukuran sepatu US 7 menjadi salah satu ukuran yang paling banyak dicari di Indonesia. Untuk wanita, ukuran sepatu US 7 biasanya setara dengan sepatu Eropa ukuran 37-38. Sedangkan untuk pria, ukuran sepatu US 7 setara dengan sepatu Eropa ukuran 40. 

Berikut adalah tabel konversi standar ukuran sepatu antara US, UK, dan EU:

EU 

UK

US

Panjang

(dalam sentimeter)

Pria

Wanita

Pria

Wanita

Pria

Wanita

Pria

Wanita

38

38

5

5

5.5

6.5

23.5cm

23.5cm

38.7

38.7

5.5

5.5

6

7

24cm

24cm

39.3

39.3

6

6

6.5

7.5

24.5cm

24.5cm

40

40

6.5

6.5

7

8

25

25

40.7

40.7

7

7

7.5

8.5

25.5cm

25.5cm

41.3

41.3

7.5

7.5

8

9

26cm

26cm

42

42

8

8

8.5

9.5

26.5cm

26.5cm

42.7

42.7

8.5

8.5

9

10

27cm

27cm

43.3

43.3

9

9

9.5

10.5

27.5cm

27.5cm

44

44

9.5

9.5

10

11

28cm

28cm

Tabel Konversi Standar Ukuran Sepatu US, UK, dan EU

Baca Juga: Ketahui Standar Ukuran Baju dari Kecil sampai Besar

Nah, dari beberapa penjelasan serta tabel di atas, kini kamu sudah tidak bingung lagi dengan ukuran sepatumu, kan

Buttonscarves Eve Boots in Black, Buttonscarves Milly Slingback Shoes in Caramel, & Buttonscarves Milly Pump Shoes in Taupe

Buat kamu yang sedang ingin menambah koleksi berbagai footwear, Buttonscaves memiliki berbagai koleksi sandal, sepatu loafers, flat shoes, sepatu boots, sneakers, dan sepatu heels. Tersedia dalam berbagai ukuran dengan rincian size chart-nya, kamu dapat menemukan sepatu yang paling pas dengan ukuran kakimu. 

Temukan semua koleksi sepatu Buttonscarves hanya di online store Buttonscarves atau offline store Buttonscarves Lifestyle terdekat. 

Back to blog