Ini Cara Membersihkan Brush Make Up Dengan Benar

Ini Cara Membersihkan Brush Make Up Dengan Benar

Ini Cara Membersihkan Brush Make Up Dengan Benar

Apakah kamu termasuk orang yang sering lupa membersihkan brush make up? Jika iya, kamu perlu tahu, brush make up yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan kulit, lho, seperti pori-pori tersumbat dan kulit berjerawati. Tidak hanya itu, brush make up yang jarang dibersihkan juga akan menyulitkan kamu untuk mengaplikasikan makeup dengan sempurna.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara membersihkan brush make up yang tepat? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk, simak artikel berikut ini!

Cara Membersihkan Brush Make Up

Di bawah ini adalah beberapa langkah membersihkan brush make up yang bisa kamu coba :

1. Kumpulkan brush make up yang akan kamu bersihkan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan mana saja brush make up yang akan kamu bersihkan ya, kamu juga bisa memilih dan memilah brush make up yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya untuk dibersihkan. Pasalnya, walaupun belum pernah digunakan, kuas make up yang baru kamu beli bisa saja tercemar kuman dari orang lain atau lingkungan sekitar tempat kamu membelinya.

2. Gunakan air hangat

Tuangkan air hangat ke dalam wadah dan teteskan sabun pembersih muka atau sampo bayi. Air hangat efektif untuk menghilangkan bakteri dan kuman, serta membersihkan residu yang tertinggal di brush.

Hindari menggunakan sabun badan, sabun cuci tangan, maupun sabun cuci piring, karena sabun yang berbahan keras dapat merusak bulu kuas make up.

3. Cuci brush make up dengan lembut

Basahi hanya bagian bawah bulu brush (jangan direndam) lalu gosok perlahan bulu dengan lembut menggunakan jari hingga berbusa. 

Kamu juga bisa gosokkan bulu brush perlahan pada permukaan brush cleaning pad. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang terperangkap pada brush make up.

4. Bilas brush make up sampai bersih

Setelah selesai dibersihkan, bilas kuas make up dengan air hangat sampai benar-benar tidak ada sisa kotoran yang tertinggal. Kamu bisa menggunakan air mengalir atau menggunakan wadah. Yang penting, hindari bagian dasar tempat bulu brush-nya menempel agar tidak mudah rusak.

Untuk melihat brush make up kamu sudah bersih atau belum, kamu bisa pastikan dengan melihat kejernihan air yang digunakan untuk membilas brush. Jika air sudah jernih, artinya kuas make up sudah bisa dikatakan bersih dari sabun dan kotoran.

5. Keringkan Brush

Keringkan bulu kuas make up dengan handuk bersih kering. Hadapkan ke bawah agar air mengalir ke bawah.

Setelah itu, biarkan kuas make up kering dengan sendirinya. Hindari penggunaan hair dryer karena hal ini berpotensi merusak bulu brush dan lem yang merekatkan kepala brush dengan gagangnya. Tunggu kira-kira selama satu hari sebelum brush make up digunakan kembali.

Nah, itulah cara membersihkan brush make up dengan benar. Mudah bukan? Kamu bisa rutin membersihkannya 1 - 2 minggu sekali agar brush make up yang kamu pakai tetap bersih dan kamu pun terhindar dari berbagai risiko kesehatan lainnya. Kamu juga bisa lebih berhemat, karena tidak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk membeli brush make up yang baru.

Namun, jika kamu seorang pemula, dan ingin membeli brush make up yang baru, Everyday Brush Set dari Buttonscarves Beauty bisa menjadi pilihan pertama kamu, lho!. Everyday Brush Set terdiri dari 12 brush yang dibuat dari premium nano synthetic bristle. Bahan ini membuat hasil riasan menjadi lebih menawan. Produk ini juga menawarkan desain yang mewah dan terbuat dari bahan terbaik sehingga mampu bertahan lebih lama. 

Kamu juga bisa membaca cara memilih brush make up agar kamu tahu apa saja ciri-ciri brush make up berkualitas, sehingga tidak salah pilih. Everyday Brush Set sendiri bisa kamu peroleh di website Buttonscarves Beauty atau di toko offline Buttonscarves terdekat, ya!
Back to blog