Perbandingan Bulu Mata Palsu dan Eyelash Extension, Mana yang Lebih Baik? - Buttonscarves Beauty

Perbandingan Bulu Mata Palsu dan Eyelash Extension, Mana yang Lebih Baik?

Eyelash extension atau sambung bulu mata seringkali menjadi pilihan bagi sebagian wanita untuk menambah volume bulu mata dalam waktu lama. Namun, tak sedikit pula wanita yang masih memilih bulu mata palsu atau false eyelashes untuk menunjang penampilan mereka.

Meski memiliki fungsi yang serupa, yaitu menambah volume dan menambah kesan lentik pada bulu mata agar penampilan menjadi lebih cantik, bulu mata palsu dan eyelash extension memiliki banyak perbedaan, lho.

Lalu, manakah yang lebih baik di antara keduanya? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!

Perbandingan Bulu Mata Palsu dan Eyelash Extension

Berikut ini adalah beberapa perbandingan bulu mata palsu dan eyelash extension yang dapat kamu baca sebelum memutuskan memilih di antara keduanya:

1. Berdasarkan cara pemasangannya

Eyelash extension dilakukan dengan menyambung serat buatan pada bulu mata asli satu-persatu menggunakan lem khusus. Pemasangannya terbilang lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.

Selain itu, dalam memasang eyelash extension, jarak antara penempelan bulu mata buatan dengan akar bulu mata asli dan kulit kelopak mata pun harus diperhatikan dengan hati-hati guna menghindari risiko terjadinya iritasi.

Sementara itu, bulu mata palsu dianggap lebih mudah digunakan. Pasalnya, kebanyakan produk bulu mata palsu sudah berbentuk rangkaian yang hanya perlu ditempel dengan rapi, dekat dengan bulu mata asli. Agar lebih mudah, cara memasang bulu mata palsu pun dapat dibantu dengan eyelash applicator.

2. Berdasarkan daya tahan pemakaiannya

Karena menempel langsung pada bulu mata asli, eyelash extension umumnya bisa bertahan hingga enam minggu jika dirawat dengan baik.

Sementara itu, bulu mata palsu memiliki daya tahan pemakaian yang jauh lebih rendah karena memang digunakan dengan cara lepas pasang sesuai kebutuhan. Namun umumnya, bulu mata palsu bisa bertahan beberapa jam tergantung cara pemakaiannya.

3. Berdasarkan teknik perawatannya

Meski dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, eyelash extension membutuhkan perawatan yang lebih telaten, mulai dari rutin menyisirnya dengan bulu sikat yang halus setidaknya tiga hari sekali, tidak menggosok mata, bahkan hingga tidak menggunakan eye makeup remover berbasis minyak.

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga eyelash extension tahan lebih lama  dan mengurangi risiko terjadinya iritasi atau bahkan infeksi karena menumpuknya kotoran pada eyelash extension.

Sementara itu, bulu mata palsu umumnya dapat langsung dibuang setelah selesai dipakai. Namun, beberapa produk bulu mata palsu juga ada yang dapat dipakai berulang. Meski demikian, perawatannya pun masih terbilang jauh lebih simple dibandingkan dengan merawat eyelash extension.

4. Berdasarkan harganya

Dari segi harga, bulu mata palsu dan eyelash extension tentu juga memiliki perbedaan. Tergantung jenis bulu mata buatan yang digunakan, pemasangan eyelash extension umumnya dimulai dari harga Rp 300 ribuan hingga jutaan rupiah.

Sementara itu, harga bulu mata palsu lebih beragam, dari yang murah hingga yang mahal. Bulu mata palsu yang berkualitas pun ada yang masih dibanderol dengan harga lumayan murah.

Hal tersebut tentunya dapat memberikanmu keuntungan dalam jangka panjang. Misalnya, dengan membeli bulu mata palsu yang ringan dan nyaman, tetapi dapat dipakai berulang, kamu dapat menunjang penampilan makeup dengan maksimal tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Nah, itu dia perbedaan bulu mata palsu dan eyelash extension. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Keputusan tetap ada di tanganmu. Mana yang lebih kamu pilih? Menggunakan bulu mata palsu atau melakukan eyelash extension?

Jika kamu tertarik untuk membeli bulu mata palsu yang berkualitas dan dapat dipakai berulang, kamu bisa memilih Eyemazing dari Buttonscarves Beauty. Tersedia dalam delapan varian yang berbeda, Eyemazing dapat digunakan untuk melengkapi segala jenis makeup mu, mulai dari yang natural looks, glam looks, hingga bahkan dramatic looks!