Seringkali Tertukar, Ini Dia Perbedaan Bedsheet,Bedcover, dan Duvet!

Seringkali Tertukar, Ini Dia Perbedaan Bedsheet,Bedcover, dan Duvet!

Hi, BSLady!


Setelah kehadiran The Signature Bedsheet dan Duvet dari Buttonscarves beberapa waktu lalu ternyata masih ada beberapa BSLady yang bingung membedakan Bedsheet, Bedcover, dan Duvet cover. Penamaan perlengkapan tidur ini terkadang sedikit membingungkan. Ternyata ketiga hal itu berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda juga. Jika kita tidak mengetahuinya bisa jadi kita menganggap ketiganya adalah hal yang sama padahal bentuknya pun bisa jadi berbeda. Yuk, simak apa saja perbedaan Bedsheet, Bedcover, dan Duvet! 


  • Bedsheet

  • Bedsheet atau lebih dikenal dengan sebutan sprei ialah perangkat tidur yang digunakan untuk melapisi kasur agar tidak bersentuhan langsung dengan penggunanya. Bedsheet atau sprei ini memiliki fungsi agar mencegah debu serta kotoran menempel pada kasur. Pada awalnya bedsheet hanya memiliki satu warna dan terbuat dari bahan linen, katun, atau sutra. Kini Bedsheet hadir dalam berbagai variasi motif dan warna yang cantik. Selain itu kini Bedsheet sudah banyak terbuat dari berbagai jenis kain seperti salah satunya serat bambu organik yang dikenal memiliki kualitas yang lembut dan memberikan kenyamanan ekstra. Bedsheet biasanya dilengkapi dengan fitted sheet, flat sheet, dan sarung bantal.


    Lalu apa perbedaan fitted sheet dan flat sheet? Fitted Sheet merupakan lapisan kain yang memiliki karet elastis di setiap sudutnya untuk memudahkan saat memasangkannya pada kasur. Sementara flat sheet merupakan sprei rata yang hanya selembar kain yang pemasangannya bisa dilipat disetiap samping dan pinggirannya ke bawah kasur atau matras, sesuai dengan lebar kasur tersebut.

     


  • Bedcover
  • Bedcover merupakan salah satu perlengkapan tidur yang seringkali dipakai sebagai selimut. Pada dasarnya bedcover memiliki fungsi yang sama seperti sprei, yaitu untuk melindungi kasur dari debut dan kotoran. Selain itu, bedcover juga memiliki fungsi lain untuk mempercantik tampilan kasur. Namun karena bentuknya yang cukup tebal bedcover seringkali digunakan sebagai selimut yang menghangatkan saat tidur. Hal ini juga yang menjadi pembedanya dengan bedsheet, bedcover biasanya lebih tebal daripada bedsheet atau sprei. Sama halnya dengan bedsheet, bedcover juga hadir dalam berbagai variasi motif dan bahan. Biasanya bedcover dijual secara terpisah atau satu paket dengan bedsheet.


  • Duvet Cover

  • Jika BSLady sering kali menginap di hotel, maka sudah tidak asing dengan duvet. Biasanya duvet digunakan di penginapan atau hotel berbintang. Duvet ialah kain dengan jahitan yang dapat diisi dengan isian quilt. Duvet ini memiliki fungsi seperti selimut yang dapat menghangatkan ketika cuaca sedang dingin dan terasa sejuk meskipun cuaca sedang panas. Lalu apa bedanya dengan bedcover? Berbeda dengan duvet yang dapat dicopot dan diganti dari isiannya, bedcover dan isinya selalu menyatu dan tak terpisahkan.


    Pemakaian duvet pada kasur akan memberikan nuansa kemewahan dan kehangatan. Duvet juga memiliki tekstur yang lembut dan dingin sehingga meberikan kenyamanan kepada penggunanya. Selain itu, duvet juga memiliki fungsi lainnya seperti menjaga kerapihan kasur, melindungi kasur agar tetap bersih, serta memberikan kenyamanan ekstra. 


    Kini banyak orang lebih memilih menggunakan duvet daripada bedcover, mengapa demikian? Duvet cenderung lebih hemat penyimpanan karena meskipun bentuknya besar, ia tidak begitu tebal. Kedua, duvet dapat diganti sesering mungkin sehingga menjaga kebersihan.


    Nah, itu dia perbedaan antara Bedsheet, Bedcover, dan Duvet yang seringkali kita menyamakan ketiganya padahal tentu saja memiliki fungsi yang berbeda. Kini BSLady tidak perlu bingung memilih perlengkapan tidur yang nyaman dan memberikan nuansa mewah untuk kamar karena Buttonscarves menghadirkan The Signature Bedsheet dan Duvet yang bisa kamu dapatkan secara terpisah. Cek selengkapnya di sini!