Tahukah Kamu Arti Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum?

Tahukah Kamu Arti Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum?

Tahukah Kamu Arti Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum?

Parfum rasanya kini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dipakai wanita saat bepergian. Bukan hanya agar aroma tubuh menjadi lebih harum, parfum juga dikenakan untuk meningkatkan rasa percaya diri, terutama saat berada di depan banyak orang.

Namun, tahukah kamu bila parfum tidak hanya mempunyai satu jenis aroma saja yang bertahan dari awal hingga akhir? Ada tiga tingkat aroma parfum yang akan kamu dapatkan, mulai dari yang pertama kali tercium saat disemprotkan sampai aroma terakhir yang akan menempel dan tahan lama di kulitmu.

Tiga tingkat aroma parfum ini disebut dengan perfumery note atau note parfum yang terdiri dari top notes, middle notes, dan base notes. Namun, apakah kamu sudah tau perbedaan di antara ketiganya? Bila belum, yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

Perbedaan Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum

Mengetahui perbedaan tiga tingkat aroma parfum dapat membantu kamu menentukan aroma parfum yang paling sesuai dengan kepribadian dan aktivitas yang kamu lakukan. Berikut ini penjelasan perbedaan top notes, middle notes, dan base notes parfum!

Top notes parfum

Top notes adalah sebutan untuk perfumery note tingkat pertama. Aroma top notes adalah first impression atau aroma yang pertama kali akan tercium olehmu setelah parfum disemprotkan ke kulit. 

Umumnya, aroma ini akan tercium selama 15 menit pertama dan tidak akan bertahan terlalu lama karena struktur molekulnya yang ringan ringan. Meski begitu, top notes bukan berarti tidak memiliki peran penting dalam membentuk aroma parfum secara keseluruhan.

Tak hanya sebagai pemikat utama saat orang-orang mencoba parfum, top notes juga bertindak sebagai aroma transisi ke aroma selanjutnya. Sebab itu, top notes juga harus memiliki aroma yang berkesan sebagai pengantar middle notes.

Beberapa aroma yang biasanya terdapat pada top notes adalah aroma segar, buah, dan citrus, seperti bergamot, pomegranate, mandarin ylang, pink peppercorn, dan galbanum. Aroma middle notes pun biasanya terdiri dari 2 - 3 aroma campuran.

Middle notes

Middle notes adalah aroma parfum kedua yang akan kamu cium setelah top notes mulai menghilang. Memiliki aroma yang tahan lebih lama dibandingkan top notes, perfumery note yang satu ini sering juga disebut sebagai heart notes atau atraksi utama sebuah parfum. 

Tak hanya itu, middle notes juga umumnya memiliki aroma yang paling dominan di antara kedua notes lainnya. Bahkan, middle notes biasanya membentuk sekitar 40 - 80% dari aroma yang ada.

Umumnya, middle notes terdiri dari aroma floral, spices, dan herbs, seperti white floral, rose, sweet woody, jasmine tuberose, dan orange flowers.

Base notes

Base notes adalah tingkatan terakhir di dalam piramida parfum atau perfumery note. Aroma ini akan muncul setelah aroma middle notes mulai berkurang. Puncak aroma middle notes mampu bertahan sekitar 1-2 jam. Sementara base notes dapat bertahan jauh lebih lama, yaitu 6 - 12 jam, tergantung jenis parfumnya. 

Meski demikian, base notes tetap bercampur dengan middle notes untuk menciptakan identitas atau aroma utuh sebuah parfum yang bertahan di kulit selama berjam-jam.

Umumnya, aroma yang biasanya ada di base notes adalah aroma yang memiliki ciri khas deep, rich, dan smooth. Beberapa contoh aroma yang dapat ditemukan dalam base notes adalah vanilla, musk, patchouli, amber, dan sandalwood.

Itulah pengertian dari top notes, middle notes, dan base notes pada parfum. Dengan mengetahui pengertian ketiga note parfum tersebut, kini kamu pun akan lebih mudah menemukan aroma parfum yang sesuai dengan keinginan dan karaktermu.

Namun, bila kamu masih belum menemukan parfum berkualitas dengan aroma yang tahan lama, kamu bisa mempertimbangkan eau de parfum dari Buttonscarves Beauty.  Setiap varian parfum dari Buttonscarves Beauty memiliki aroma khas dengan bauran perfumery note yang sangat pas. 

Tak hanya itu, parfum Buttonscarves Beauty juga memiliki daya tahan yang lama, bahkan hingga 12 jam! Agar lebih mudah menemukan varian yang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa mengunjungi store Buttonscarves terdekat di kotamu untuk mencium dan mencoba setiap aromanya secara langsung!
Back to blog