Tak Hanya Halus, Ini Dia 4 Kelebihan Mukena Satin Silk - Buttonscarves

Tak Hanya Halus, Ini Dia 4 Kelebihan Mukena Satin Silk

Mukena merupakan salah satu perlengkapan salat yang umum digunakan oleh wanita muslim di Indonesia. Sebelumnya, mukena lebih identik dengan warna putih. Namun kini, ada banyak warna mukena yang tersedia di pasaran. Bahan kain mukena pun juga semakin beragam, salah satunya adalah bahan satin silk.

Satin silk, yang juga sering dikenal sebagai satin sutra, merupakan kain yang memiliki ciri khas lebih halus dibandingkan jenis satin lainnya. Hal ini karena satin silk ditenun dari serat filamen, sehingga menghasilkan permukaan yang mengkilap dan licin pada satu sisi saja.

Kelebihan Mukena Satin Silk

Tak hanya karena terasa halus, ada beberapa alasan yang membuat satin silk sangat cocok menjadi bahan dasar pembuatan mukena. Berikut ini adalah beberapa keunggulan atau kelebihan mukena satin silk:

1. Terasa lembut di kulit

Seperti yang telah disebut sebelumnya, satin silk memiliki ciri khas tekstur yang sangat halus. Saat disentuh, serat satin silk pun akan terasa licin. Oleh karena itu, saat bersentuhan dengan kulit, satin silk akan terasa lembut, jatuh, serta tidak menyebabkan timbulnya rasa gatal.

Dengan demikian, kamu pun dapat melakukan ibadah solat dengan lebih fokus dan nyaman tanpa adanya gangguan.

2. Ringan tetapi tidak menerawang

Satin silk termasuk ke dalam salah satu jenis lightweight fabric atau bahan kain yang sangat ringan dan mudah dibawa kemana pun kamu berpergian. Meski demikian, satin silk tidak menerawang. Hal ini karena satin silk diproses dengan cara menenun yang khas, sehingga seratnya menjadi sangat rapat.

Nah, karena seratnya sangat rapat, mukena satin silk pun dapat menutup warna kulitmu dengan baik dan tidak terlihat samar-samar dari balik mukena. Hal ini sangat penting karena menutup aurat dengan baik merupakan salah satu syarat sah salat.

3. Tidak panas dan gerah saat dikenakan

Permukaan luar satin silk memang terlihat mengkilap dan memberikan kesan elegan pada siapa saja yang memakainya. Namun, hal ini tidak menyebabkan satin silk menjadi terasa panas saat dikenakan.

Satin silk justru termasuk bahan kain yang terbilang sejuk, sehingga tidak akan membuatmu mudah berkeringat dan merasa tidak nyaman meski digunakan di ruangan yang tidak mempunyai AC maupun outdoor.

4. Tidak mudah kusut

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh mukena bahan satin silk adalah tidak mudah kusut atau lecek. Meskipun kamu membawa mukena berbahan satin silk dengan cara dilipat di dalam tas, mukena satin silk tetap akan tetap rapi dan tertata dengan baik.

Nah, itulah beberapa kelebihan mukena satin silk dibandingkan mukena yang terbuat dari bahan kain lainnya. Meskipun memiliki banyak nilai lebih, kamu tetap perlu tahu cara merawat mukena satin silk agar tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Sebaiknya, hindari mencuci mukena satin silk dengan air hangat dan mesin cuci, karena dapat menyebabkan seratnya menjadi rusak. Selain itu, mukena satin silk juga harus disetrika dengan hati-hati dengan suhu tidak terlalu panas. Hindari juga menyemprot parfum pada mukena satin silk agar tidak meninggalkan bercak yang terlihat kotor.

Nah, bila kamu tertarik untuk membeli mukena satin silk, kamu bisa mencarinya di koleksi prayer set atau official store Buttonscarves terdekat dari tempatmu, ya! Buttonscarves memiliki banyak koleksi mukena satin silk yang tak hanya tampak cantik dengan berbagai jenis motif, melainkan juga berkualitas tinggi dan nyaman saat digunakan.