Tips Memilih Matras Yoga yang Bagus untuk Pemula

Tips Memilih Matras Yoga yang Bagus untuk Pemula

Tips Memilih Matras Yoga yang Bagus untuk Pemula

Belakangan ini, yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang semakin diminati. Pasalnya, untuk melakukan yoga, kamu tak perlu pergi keluar rumah atau datang ke pusat kebugaran. Latihan yoga bisa dilakukan mandiri di rumah. Namun, agar latihan yoga di rumah lebih nyaman, kamu disarankan menggunakan matras yoga.

Tak hanya agar lebih nyaman, matras juga penting digunakan saat latihan yoga guna menjaga keseimbangan tubuh sekaligus mengurangi risiko tergelincir dan cedera. Namun, memilih matras yoga pun sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar yoga mat yang kamu pilih sesuai kebutuhan, berkualitas bagus, dan dapat digunakan dalam waktu lama. Mau tahu apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, simak tips memilih matras yoga di bawah ini, ya!

Memilih Matras Yoga yang Bagus Untuk Pemula

Berikut beberapa tips yang harus kamu pertimbangkan saat membeli matras yoga agar latihan yoga kamu aman dan nyaman: 

Pilih berdasarkan ketebalan matras

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih matras yoga adalah ketebalan matras. Ketebalan matras yang terlalu tipis dapat menyebabkan nyeri pada lutut dan tangan. Sebaliknya, matras yang terlalu tebal justru dapat membuat kamu sulit mengontrol gerakan yoga.

Jika kamu lebih suka melakukan gerakan yoga statis, kamu bisa memilih matras yoga dengan ketebalan 6-8 mm. Matras yoga jenis ini dinilai lebih empuk, sehingga kamu tidak akan mudah merasakan dingin dan kerasnya lantai.

Sementara itu, jika kamu ingin melakukan workout atau yoga dinamis, kamu lebih disarankan memilih matras yoga dengan ketebalan 3 - 5 mm. Ketebalan ini dianggap pas untuk membantu badan tidak mudah tergelincir saat melakukan banyak gerakan. 

Selain itu, matras dengan ketebalan 3 - 5 mm juga dianggap lebih baik digunakan pada latihan yoga yang memiliki banyak gerakan bertumpu pada persendian runcing, seperti lutut dan siku. 

Menggunakan matras dengan ketebalan 6  - 8 mm pada jenis yoga ini justru membuat siku dan lutut mudah tenggelam, sehingga posisi tubuh jadi sulit seimbang.

Pilih berdasarkan bahan atau material matras

Selain ketebalan matras, kamu juga harus memperhatikan bahan atau material yang digunakan. Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan matras yoga, di antaranya:

  • PVC (Polyvinyl Chloride)

Bahan PVC ini terbilang tahan lama, tidak mudah rusak dan harganya terbilang cukup ekonomis. Namun, bahan ini mempunyai bau yang khas , terutama saat kita baru beli membelinya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu karena bau ini cukup mengganggu untuk sebagian orang. Bahan ini juga tidak biodegradable, sehingga dapat mencemari lingkungan. 

  • TPE (Thermoplastic Elastomer)

Bahan ini memiliki kemampuan elastisitas yang tinggi, sehingga matras yoga yang terbuat dari bahan ini akan lebih lentur dan nyaman untuk digunakan. Bahan ini diminati banyak orang karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, ringan dan memiliki ketahanan yang baik.

Thermoplastic Elastomer juga tidak mengandung lateks, sehingga dinilai paling aman digunakan oleh kamu yang memiliki alergi terhadap bahan yang satu ini. 

  • PU Rubber

Secara keseluruhan, matras yoga dengan bahan PU rubber merupakan salah satu pilihan yang cukup baik untuk orang yang mencari matras dengan kelebihan mudah dibersihkan. Matras ini juga memiiki masa pakai yang cukup awet.

Meski begitu, sesuai namanya, yaitu rubber, matras ini mengandung bahan lateks atau karet. Sebab itu, bahan matras ini kurang disarankan bagi kamu yang memiliki alergi terhadap lateks.. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih matras yoga. Kamu bisa menyesuaikan tips di atas sesuai kebutuhan dan preferensi kamu. 

Namun, bila kamu masih bingung mencari matras yoga yang berkualitas, terlebih dengan banyaknya merek yoga mat yang beredar di pasaran, kamu bisa coba mempertimbangkan matras yoga dari Buttonscarves!

Rekomendasi Matras Yoga yang Bagus dari Buttonscarves

Matras yoga dari Buttonscarves terbuat dari bahan TPE 100%. Dengan demikian, matras ini sangat aman digunakan oleh kamu yang memiliki alergi terhadap bahan lateks. 

Dengan ketebalan 5 mm, matras yoga dari Buttonscarves juga cocok untuk kamu yang ingin memulai hidup sehat dengan yoga dinamis. Karena tebalnya ini pula, matras yoga dari Buttonscarves cukup ringan dan mudah dibawa bepergian, misalnya saat kamu ingin latihan yoga bersama teman.

Meski ringan, bukan berarti matras yoga dari Buttonscarves licin, lho. Bahan TPE yang digunakan justru membuat permukaannya mudah kering (dry wick) dan anti-slip. Dengan begitu, kamu pun dapat melakukan yoga dengan lebih nyaman.

Tak hanya itu saja, matras ini juga terlihat elegan dengan motif monogram B yang khas, sehingga cocok bagi kamu yang ingin tetap terlihat fashionable meski sedang berolahraga. 

Nah, Jika kamu tertarik dengan matras yoga dari Buttonscarves, kamu bisa membelinya secara online di website Buttonscarves atau secara offline di store Buttonscarves terdekat, ya!
Back to blog