7 Urutan Makeup yang Benar agar Natural dan Tahan Lama

7 Urutan Makeup yang Benar agar Natural dan Tahan Lama

7 Urutan Makeup yang Benar agar Natural dan Tahan Lama

Bagi wanita, make up memiliki peran penting dalam menunjang penampilan untuk tetap cantik dan menarik. Namun, tahukah kamu saat merias wajah, ada urutan make up yang perlu kamu ketahui?

Menggunakan make up sesuai urutan yang benar dapat membuat hasil riasan jadi lebih baik daripada melakukannya sembarangan. Misalnya, make up dapat menempel lebih rata di wajah dan hasilnya tampak lebih segar. 

Nah, walaupun begitu, tidak semua orang paham tentang urutan make up yang benar, ladies. Bagi kamu pemula yang baru mengenal dan belajar make up, simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini. 

Urutan Make Up yang Benar agar Tahan Lama

Pakai concealer atau foundation dulu, ya? Supaya tidak salah langkah, berikut telah Buttonscarves Beauty rangkum tahapan menggunakan make up yang benar agar hasilnya flawless dan tahan lama:

1. Face primer 

face primer buttonscarves

Langkah make-up yang pertama adalah mengaplikasikan primer sebagai base make-up. Penggunaan face primer dapat menyamarkan garis dan pori-pori di wajah, serta menghaluskan tekstur wajah yang tidak rata, sehingga wajahmu lebih siap dipoles menggunakan produk kosmetik lainnya. 

Namun, pastikan juga sebelum mengaplikasikan face primer, wajah kamu sudah dibersihkan dan diaplikasikan skincare. Pengaplikasian skincare sebelum primer, seperti pelembap dan sunscreen penting supaya hasil riasan lebih maksimal. 

2. Foundation

urutan make up yang benar: foundation

Selain primer, kamu juga bisa mengaplikasikan foundation sebagai base make-up. Tidak masalah jika kamu memutuskan untuk memakai foundation dengan atau tanpa alas primer. 

Adapun penggunaaan foundation sangat membantu dalam menyamarkan noda dan membuat kulit wajah terlihat lebih mulus. Kosmetik satu ini cocok sekali untuk kamu yang menginginkan riasan yang lebih heavy. Namun, apabila kamu menginginkan base make-up yang lebih ringan dengan fungsi yang sama seperti foundation, kamu bisa memakai cushion

Aplikasikan foundation atau cushion secara merata ke seluruh permukaan wajah, pastikan kamu tidak mengaplikasikan terlalu tebal supaya riasanmu tidak cakey. Kemudian, aplikasikan concealer pada spot-spot tertentu yang diperlukan. 

3. Bedak

urutan make up yang benar: bedak

Setelah foundation dan concealer diaplikasikan, langkah selanjutnya ialah mengaplikasikan bedak pada wajah. Kamu bisa mengaplikasikan bedak sebagai lapisan pengunci foundation dan concealer. 

Ada banyak jenis bedak kini hadir di pasaran. Salah satu jenis bedak yang banyak disukai karena kepraktisannya adalah bedak padat atau compact powder. Pilihlah bedak padat dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

Nah, jika kamu butuh rekomendasi bedak padat yang bagus, Everyday Perfect Blurring Compact Powder dan Youphoria Pressed Powder dari Buttonscarves Beauty bisa jadi pilihan yang sempurna untukmu. 

Hadir dengan shades yang beragam, semua koleksi bedak padat dari Buttonscarves Beauty cocok untuk berbagai warna kulit, baik itu kulit putih, kuning langsat, maupun sawo matang. Selain itu, compact powder dari Buttonscarves Beauty juga dilengkapi klaim oil control, sehingga terbilang aman digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Temukan bedak padat dari Buttonscarves Beauty di sini!

4. Blush on

urutan make up yang benar: blush on

Apabila bedak sudah diaplikasikan tipis-tipis, pakailah blush on untuk menambah rona pada pipimu agar riasan tampak lebih fresh. Pastikan blush on yang kamu pilih memiliki shade warna yang cocok untuk warna kulitmu. 

Adapun blush on kini semakin banyak macamnya, mulai dari blush on bertekstur cream hingga powder blush. Pilihlah jenis blush on yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan kenyamanan kamu menggunakannya. 

Buttonscarves Beauty sendiri menghadirkan produk blush on berupa powder blush dan creamy blush. Bagi kamu pemilik kulit berminyak, kamu bisa memakai Everyday Thunderblush Cheek atau powder blush untuk hasil matte finish. Sedangkan bagi kamu pemilik kulit kering, kamu dapat memakai Everyday Divined Bluh yang creamy untuk menciptakan tampilan yang glowing. 

Tak perlu khawatir dengan blush on yang mudah luntur, karena blush on dari Buttonscarves Beauty diformulasikan sweat-resistent dan akan tahan lama walau dipakai seharian. Baik Everyday Thunderblush Cheek maupun Everyday Divined Blush, keduanya memiliki tekstur ringan, halus, dan mudah dibaurkan, sehingga akan terasa natural serta nyaman di kulit.

5. Pensil alis

Pensil alis

Urutan make up selanjutnya, yaitu membentuk alis. Nah, karena setiap orang memiliki bentuk alis yang berbeda-beda, maka bingkailah alis dengan menyesuaikannya dengan  bentuk wajahmu agar hasilnya terkesan natural. Lalu, arsir dan sisir alis secara perlahan supaya alismu terlihat rapi.

Jika kamu mencari pensil alis yang tahan lama, pensil alis dari Buttonscarves Beauty dapat jadi referensimu, ladies. Brownificent dari Buttonscarves Beauty memiliki formula smudge-proof dan water-resistant, sehingga akan membuat riasan alismu tahan lama sepanjang hari.

Selain itu, Brownificient juga didesain dengan bentuk pensil yang runcing dan tipis, sehingga akan cocok dipakai oleh pemula. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai pensil alis Brownificient Buttonscarves Beauty, temukan di sini

Namun, apabila kamu lebih nyaman menggunakan eyebrow gel dibandingkan pensil alis, Buttonscarves Beauty juga menghadirkan Lock Me Up Eyebrow Gel yang bisa kamu dapatkan di sini

6. Maskara

Jangan lupakan maskara, karena produk kosmetik satu ini dapat menambah kecantikan pada riasan mata. Memakai maskara akan membuat bulu mata menjadi lebih lebat dan lentik.

Barengi pemakaian maskara dengan eyeshadow juga untuk menghias kelopak mata. Dengan begitu, riasan matamu akan tampak semakin cantik. 

7. Lipstik

Lipstik

Terakhir, kamu bisa memoles lipstik atau lip tint pada bibirmu. Namun, sebelum menggunakan lipstik, kamu perlu memastikan bibirmu dalam keadaan bersih dan lembap agar lipstik yang kamu gunakan terlihat flawless dan tahan lama.

Pakailah lipstick atau lip cream dari Buttonscarves Beauty untuk riasan yang lebih maksimal. Pasalnya, lipstick dan lip cream Buttonscarves Beauty tidak hanya hadir dalam warna-warna yang memikat, tapi juga memiliki formula yang long-lasting dan kandungan vitamin E. Apabila kamu tertarik dengan produk lip dari Buttonscarves Beauty, kamu bisa cek produknya di sini.  

Tips agar Make Up Tahan Lama 

Setelah mengetahui urutan make up yang benar, berikut Buttonscarves Beauty sedikit berbagi tips juga agar make up yang kamu pakai tahan lama:

Gunakan skincare dengan tepat

Sebelum memulai make-up, pastikan kamu telah membersihkan wajah dan mengaplikasikan skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Skincare yang tepat akan memberikan pondasi yang kuat untuk make up yang lebih tahan lama.  

Re-apply make-up bila perlu

Beberapa kondisi kadang membuatmu perlu untuk re-apply make up, seperti setelah wudhu atau setelah berkeringat. Dalam kondisi ini, kamu dapat mengaplikasikan ulang make up kamu dengan bedak atau lipstik. Namun, pastikan sebelum re-apply make up, wajahmu sudah kering dan bersih dari keringat maupun air wudhu. 

Gunakan make-up yang berkualitas 

Pakailah produk make-up yang berkualitas agar hasil riasan bisa maksimal. Pilihlah foundation dan lipstik yang menyebutkan "long-lasting", "waterproof", atau "transfer-proof", seperti produk-produk dari Buttonscarves Beauty

Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Apapun kondisinya, hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan, karena hal tersebut dapat merusak riasanmu. Gunakanlah tisu jika ingin menyeka keringat atau pakai spons untuk memperbaiki sedikit make up yang terlihat tidak merata. Selain menjaga tampilan make-up tahan lama, cara ini juga meminimalisir penyebaran bakteri yang berasal dari tanganmu.

Baca Juga: Tutorial Make Up Flawless yang Natural untuk Pemula

Itu dia, ladies, urutan make up yang benar agar tahan lama. Bagaimana, sudah siap untuk mempraktikannya? Supaya hasil riasan wajah semakin sempurna, jangan lupa menerapkan tips di atas dengan menggunakan produk-produk kosmetik dari Buttonscarves Beauty, ya!

Back to blog

Latest articles

Daftar Warna yang Perlu Dihindari Kulit Sawo Matang

Daftar Warna yang Perlu Dihindari Kulit Sawo Matang

Koleksi Jilbab Motif Monogram Buttonscarves, Mana Favoritmu?

Koleksi Jilbab Motif Monogram Buttonscarves, Mana Favoritmu?

Cara Mengaplikasikan Blush On yang Benar Sesuai Jenis Produknya

Cara Mengaplikasikan Blush On yang Benar Sesuai Jenis Produknya

Apa Itu Wajah Breakout? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Wajah Breakout? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jilbab Kuning Cocok dengan Baju Warna Apa? Simak Daftarnya Berikut

Jilbab Kuning Cocok dengan Baju Warna Apa? Simak Daftarnya Berikut

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

6 Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

All articles

Categories

Beauty Fashion Other