Ini Dia 7 Cara Mencuci Cardigan yang Benar agar Tidak Melar

Ini Dia 7 Cara Mencuci Cardigan Rajut yang Benar agar Tidak Melar - Benang Jarum

Ini Dia 7 Cara Mencuci Cardigan yang Benar agar Tidak Melar

Cardigan adalah salah satu fashion item knitwear yang masih digandrungi banyak orang hingga saat ini. Pasalnya, cardigan cukup serbaguna, sehingga bisa digunakan untuk banyak jenis occassion. Namun, karena dibuat dengan cara dirajut, cardigan bisa saja menjadi melar bila dicuci dengan cara yang tidak tepat.

Terlebih, cardigan seringkali dibuat dari bahan wol, polyester, atau viskosa yang dicampur dengan elastan. Meski elastan membuat cardigan dapat merenggang, sehingga bisa digunakan dengan lebih nyaman, namun elastan sendiri bisa membuat cardigan melar bila tak diperhatikan cara merawatnya.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara mencuci cardigan atau sweater rajut yang benar agar fashion item kesayanganmu ini tak mudah rusak dan bisa dipakai dalam waktu yang lebih lama!

Cara Mencuci Cardigan Rajut Yang Benar 

Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara yang bisa kamu terapkan saat mencuci cardigan rajut agar tidak mudah melar dan berbulu :

1. Jangan terlalu sering cuci cardigan

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar cardigan tidak mudah melar adalah dengan tidak mencucinya terlalu sering. Alih-alih membuatnya menjadi bersih, terlalu sering mencuci cardigan justru bisa membuat rajutannya menjadi longgar dan rusak, sehingga melar. 

Agar cardigan tetap terjaga kualitasnya, kamu disarankan mencucinya setiap 2-3 kali pemakaian saja atau bila memang cardigan dirasa sudah kotor, misalnya karena keringat, sehingga tidak nyaman lagi untuk dikenakan. 

2. Cuci cardigan menggunakan tangan

Mencuci menggunakan mesin memang dapat menghemat waktu. Namun, untuk beberapa jenis pakaian, termasuk cardigan, penggunaan mesin cuci justru bisa merusak serat kain dan rajutan cardigan.

Oleh karena itu, cara mencuci cardigan rajut agar tidak berbulu adalah sebaiknya mencuci cardigan dengan tangan agar serat kainnya tidak rusak sehingga cardigan tidak berbulu. Selain itu, bila bagian luarnya tidak kotor, cucilah cardigan dengan cara dibalik, sehingga bagian luarnya tetap terjaga.

3. Gunakan detergen berbahan lembut

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk mencuci cardigan atau sweater rajut adalah jenis detergen atau sabun yang kamu pakai. Gunakan sedikit detergen berbahan lembut atau detergen yang telah disesuaikan dengan jenis pakaian, misalnya detergen khusus bahan wol, untuk mencuci cardigan berbahan wol.

Jangan terlalu banyak menuang detergen saat mencuci cardigan. Tak hanya menjadi sulit dibersihkan, terlalu banyak menggunakan detergen dapat membuat residu detergen banyak menempel pada serat kain, sehingga membuatnya terasa kaku dan gatal di kulit.

4. Hindari menggosok dan merendam cardigan dalam waktu lama

Terkadang, kita mencoba menggosok dan merendam pakaian kotor dalam waktu cukup lama untuk menghilangkan noda kotor yang membandel. Namun, kamu sebaiknya tidak melakukan hal yang sama pada cardigan, ya.

Cara mencuci cardigan rajut agar tidak berbulu dan serat kainnya tetap terjaga serta tidak melar  adalah kamu cukup merendamnya selama 5 menit di dalam air. Bila dirasa ada noda yang membandel, kamu bisa mengoleskan detergen ke bagian tersebut dan bersihkan secara perlahan hingga noda menghilang.

5. Jangan keringkan cardigan dengan cara diperas

Cara mencuci cardigan rajut agar tidak melar lainnya adalah dengan tidak memerasnya sebelum dijemur. Setelah selesai dicuci, kamu hanya perlu menggulung cardigan dan kemudian menekannya hingga air keluar.

Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan handuk kering untuk mengeringkan cardigan. Caranya adalah dengan menghamparkan cardigan di dalam handuk. Kemudian, gulung cardigan dengan handuk hingga airnya keluar dan terserap handuk.

6. Hindari menjemur di bawah paparan sinar matahari langsung

Setelah selesai dicuci, kamu bisa langsung menjemur cardigan. Namun, hindari menjemur cardigan di bawah paparan sinar matahari langsung, ya. Cukup angin-anginkan di tempat yang teduh agar warnanya tidak pudar dan seratnya tidak menjadi rapuh hingga mudah melar.

7. Jemur dalam posisi tergelar di permukaan rata 

Selain menghindari paparan sinar matahari langsung, kamu juga tidak disarankan menjemur cardigan dengan hanger. Pasalnya, hanger dapat menyebabkan serat-serat kain terpisah, sehingga rajutan cardigan menjadi longgar.

Sebagai gantinya, jemurlah cardigan dengan posisi tergelar atau terhampar di permukaan rata yang bersih.

Selain dengan beberapa cara di atas, kamu juga disarankan untuk tidak menyimpan cardigan dengan cara digantung  karena dapat membuat kain merenggang sehingga mudah melar, terutama pada bagian bahu. Sebaliknya, simpanlah cardigan di dalam lemari dengan cara dilipat rapi, ya.

Nah, itulah beberapa cara mencuci cardigan rajut yang benar agar tidak melar yang dapat kamu coba lakukan. Kini, kamu pun dapat merawat cardigan favoritmu dengan benar, sehingga tidak mudah rusak dan dapat dipakai dalam waktu yang lebih lama.

Bila kamu ingin menambah kolesi cardiganmu, kamu bisa mencoba mencarinya dari koleksi Benang Jarum di sini, ya. Tak hanya terlihat menawan, koleksi cardigan dari Benang Jarum juga terasa nyaman digunakan di berbagai waktu dan suasana.
Back to blog

Latest articles

Daftar Warna yang Perlu Dihindari Kulit Sawo Matang

Daftar Warna yang Perlu Dihindari Kulit Sawo Matang

Koleksi Jilbab Motif Monogram Buttonscarves, Mana Favoritmu?

Koleksi Jilbab Motif Monogram Buttonscarves, Mana Favoritmu?

Cara Mengaplikasikan Blush On yang Benar Sesuai Jenis Produknya

Cara Mengaplikasikan Blush On yang Benar Sesuai Jenis Produknya

Apa Itu Wajah Breakout? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Wajah Breakout? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jilbab Kuning Cocok dengan Baju Warna Apa? Simak Daftarnya Berikut

Jilbab Kuning Cocok dengan Baju Warna Apa? Simak Daftarnya Berikut

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

6 Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

All articles

Categories

Beauty Fashion Other