Jenis-jenis Blouse yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-jenis Blouse

Jenis-jenis Blouse yang Perlu Kamu Ketahui

Pakaian atasan wanita memiliki berbagai macam model dan pola. Mulai dari blouse, tunik, kemeja hingga dress atau gamis. Namun, seringnya orang-orang masih tidak bisa membedakan antara kemeja, blouse, dan tunik. 

Hampir semua orang menyebut atasan wanita dengan istilah blouse. Padahal kenyataannya, blouse memiliki karakteristik tersendiri. Apa saja perbedaannya? Yuk, simak artikel berikut!

Apa Itu Blouse?

Blouse merupakan pakaian atasan yang biasanya memiliki model yang longgar dan ukuran panjang sampai pinggang. Blouse tidak berkancing dari atas sampai bawah seperti kemeja. Hal ini menambah kesan feminin jika dilihat dari cutting-nya yang dengan sedikit atau bahkan tanpa kancing.

Apa Perbedaan Blouse, Kemeja dan Tunik?

Blouse merupakan kemeja wanita dengan model agak longgar dan ukuran panjang hingga sepinggang, biasanya identik dengan kesan girly sehingga lebih cocok untuk gender perempuan, sementara kemeja merupakan pakaian yang sifatnya gender-neutral (bisa dipakai pria atau wanita) yang kebanyakan berkerah dan memiliki kancing di bagian depan di mana terbuat dari berbagai macam bahan seperti katun, linen, dan lainnya baik berlengan pendek atau lengan panjang. Sedangkan tunik adalah blouse ukuran panjang hingga atas lutut atau betis yang biasanya dipadupadankan dengan celana panjang. 

Nah, meskipun blouse jauh berbeda dengan kemeja dan tunik, kamu  juga harus tahu bahwa blouse sendiri terbagi lagi menjadi beberapa model dengan penamaan yang berbeda-beda. Lebih lengkapnya, simak ulasan jenis-jenis blouse wanita selengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Model Blouse Wanita

Mulai dari polo hingga hidden button down, berikut adalah jenis-jenis model blouse wanita yang perlu kamu ketahui:

1. Draped blouse

Benang Jarum x Dian Pelangi Nyimas Drapery Blouse in Teal

Benang Jarum x Dian Pelangi Nyimas Drapery Blouse in Teal

Draped blouse adalah jenis blouse yang memiliki potongan longgar dan biasanya dibuat dengan bahan yang mampu membentuk lipatan flowy yang menggantung atau drapery (draping) pada bagian depan, belakang, atau samping.

2. Blouse ruffle

Benang Jarum Sara Ruffle Blouse in Pink

Benang Jarum Sara Ruffle Blouse in Pink

Jenis blouse ini memiliki aksen lipit dan lekukan yang cantik. Kamu bisa menggunakan model blus ruffle untuk bersantai atau ­hangout bersama teman. Padukan dengan celana jeans denim untuk tampilan yang lebih chic.

3. Blouse brokat

Buttonscarves Monogram Embroidery Blouse in Cream

Buttonscarves Monogram Embroidery Blouse in Cream

Blouse brokat merupakan model baju wanita yang terbuat dari bahan brokat atau embroidery lace. Aksen brokatnya membuat blouse ini terkesan mewah, sehingga cocok dipakai untuk menghadiri acara spesial.

4. Hidden Button Down

Buttonscarves X Jovian Paradiso Phoebe Blouse In Cannoli Cream

Hidden Button Down merupakan jenis model blouse dengan kancing hingga ke bawah pada bagian depannya. Hanya saja kancingnya tersembunyi sehingga blouse ini terkesan tidak memiliki kancing.

5. Sabrina blouse

Blus sabrina termasuk ke dalam model baju yang memiliki potongan terbuka di bagian bahu. Potongannya ini membiarkan seluruh bagian bahu terlihat. 

6. Blouson

Blouson merupakan blouse yang memiliki aksen di pinggang atau bawah pinggang yang memberikan efek lebih bervolume.

7. Polo

Polo merupakan blouse yang umumnya dipakai untuk berolahraga. Pakaian atasan model ini terbuat dari bahan kaos dengan garis leher bulat.

8. Suit

Suit merupakan blouse yang digunakan bersama dengan celana ataupun rok yang terbuat dari bahan yang sama. Umumnya blouse model ini banyak dipakai sebagai pakaian kerja kantoran.

9. Surplice

Surplice merupakan blouse dengan garis leher V yang rendah. Blouse jenis ini akan membuat anda terlihat lebih tinggi dan feminim karena mampu memberikan kesan leher yang jenjang.

10. Peasant

Blouse model peasant ini dipenuhi dengan banyak kerutan seperti di bagian pinggang, lengan maupun leher. blouse jenis ini mampu memberikan kesan feminim dan anggun.

11. Middy

Blouse jenis ini memiliki model kerah lebar seperti kerah kelasi. Blouse Middy umumnya berbentuk blouse agak panjang dengan model lengan panjang yang menambah kesan klasik pada tampilannya.

12. Empire

Blouse jenis Empire ini memiliki garis hias di bagian dada seperti baby doll cut. Blouse jenis ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena blus ini memiliki model yang elegan namun tetap simpel.

Rekomendasi model blouse wanita terbaru ala Benang Jarum

Jika kamu sedang mencari blouse wanita kekinian, berikut beberapa rekomendasi blouse ala Benang Jarum yang bisa jadi inspirasimu:

1. Fiorella Blouse

Benang Jarum Fiorella Blouse in Blue

Benang Jarum Fiorella Blouse in Blue

Benang Jarum rutin merilis produk-produk terbarunya secara berkala. Fiorella Blouse adalah salah satu model blouse wanita terbaru dari Benang Jarum yang harus kamu punya.

Fiorella Blouse terbuat dari bahan satin yang ringan dan lembut, tentunya blouse ini memberikan kesan nyaman saat dikenakan. Terdiri dari kombinasi motif bunga yang cantik, blouse ini secara tidak langsung menonjolkan karakter menyenangkan bagi siapapun yang memakainya. 

2. Nyimas Drapery Blouse

Benang Jarum Benang Pelangi Nyimas Drapery Blouse in Ivory

Benang Jarum Benang Pelangi Nyimas Drapery Blouse in Ivory

Selanjutnya, blouse yang tak kalah menawan datang dari Nyimas Drapery Blouse. Terinspirasi dari Songket Palembang, blouse ini memiliki desain yang mengombinasikan nuansa cultural dengan gaya yang chic dan modern. Kamu bisa memakainya untuk outfit menghadiri berbagai acara spesial. 

Hal lain yang menarik dari Nyimas Drapery Blouse juga terletak pada aksen high-neck yang memberikan vibes elegan dan anggun. Blouse ini cocok banget buat kamu yang suka tampil feminin.

3. Ameena Pleated Blouse

Ameena Pleated Blouse in Multicolor

Ameena Pleated Blouse in Multicolor

Kali ini ada Ameena Pleated Blouse buat kamu yang ingin tampil vibrant. Terbuat dari bahan satin yang adem dan ringan, blouse ini cocok dipakai untuk hangout santai atau aktivitas kasual lainnya. 

Dengan desainnya yang multicolor, memakai Ameena Pleated Blouse dapat memberikan look yang menyenangkan pada penampilanmu. Belum lagi aksen pleated-nya membuat blouse ini tampak begitu trendy saat dikenakan. 

Baca Juga: Rekomendasi Blouse Lengan Panjang Bermotif ala Benang Jarum

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis blouse dan beberapa rekomendasi blouse wanita terbaru ala Benang Jarum yang bisa jadi referensimu. Di antara koleksi di atas, mana yang jadi favoritmu?

Blouse wanita dari Benang Jarum memiliki berbagai ukuran, mulai dari XS hingga XXL. Jadi, kamu bisa leluasa memilih blouse yang pas dengan ukuran tubuhmu. Yuk, temukan blouse wanita terbaru di atas dan berbagai koleksi blouse lainnya di Benang Jarum, ya!

Back to blog