Apa itu Ciput dan Jenis-jenis Ciput Jilbab 

jenis jenis ciput

Apa itu Ciput dan Jenis-jenis Ciput Jilbab 

Ciput merupakan dalaman jilbab atau inner hijab yang akrab dikenakan muslimah. Ciput memiliki fungsi dasar untuk menutupi rambut agar saat memakai jilbab, aurat dapat tertutupi dengan sempurna. Selain itu, ciput juga dapat jadi fashion essential guna menjaga jilbab tetap tegak dan rapi. 

Sayangnya, tidak semua wanita terbiasa dengan ciput. Sebagian wanita masih menganggap ciput dapat membuat kepala pusing, gerah, sakit kuping dan lain sebagainya. Miskonsepsi seperti ini perlu diluruskan. Sebab, mungkin saja kamu belum menemukan jenis ciput yang sesuai dan enak dipakai untuk dipasangkan dengan jilbabmu. 

Nah, sebagai referensi, di bawah ini telah dirangkum jenis-jenis ciput yang nyaman dipakai dan bisa kamu gunakan di berbagai aktivitas. Yuk, cek artikel berikut!

Jenis-jenis Ciput yang Nyaman Dipakai

Selain memperhatikan kualitas ciput, penting juga untuk menyesuaikan penggunaan ciput dengan jilbab yang akan kamu kenakan guna mencapai kenyamanan maksimal, ladies. Berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai jenis ciput beserta kegunaannya:

1. Ciput rajut

jenis ciput rajut

Salah satu jenis ciput jilbab yang populer adalah ciput rajut. Ciput rajut paling cocok digunakan kamu yang baru mau memulai menggunakan ciput. Pasalnya, daleman kerudung ini cocok jadi layer untuk bahan jilbab apapun.

Kelebihan dari ciput rajut ialah bahannya yang ringan sehingga tidak memberikan beban berlebih pada kepala. Terbuat dari benang rajut elastis membuat ciput rajut juga nyaman dipakai, tidak licin namun juga tidak terlalu kesat atau mengungkung kepala. 

Ciput yang tidak bikin pusing ini cocok dipakai untuk layer daily-wear jilbab. Bahannya yang breathable akan nyaman dipakai sepanjang hari.

2. Ciput leher

Jenis Ciput leher

Buat kamu yang sukai  memakai jilbab berbahan ceruti atau chiffon yang rentan transparan, jenis ciput leher merupakan pilihan yang tepat untukmu. Ciput leher dirancang untuk menutupi rambut dan leher secara keseluruhan. Jadi, auratmu akan tertutupi dengan baik. 

Meskipun begitu, ciput leher mungkin tidak cocok untukmu yang ingin mengenakan jilbab berbahan crinkle. Bahan jilbab tersebut cukup tebal, jika kamu memakai ciput leher sebagai layer, tidak menutup kemungkinan kamu akan kegerahan.

Selain dapat menjadi dasar sebelum memakai jilbab lainnya, model dalaman jilbab ini juga bisa digunakan sebagai kerudung utama untuk tampilan yang lebih sederhana.

3. Ciput ninja

Jenis Ciput ninja

Selanjutnya, ada ciput ninja. Salah satu keunggulan dari ciput ninja adalah modelnya yang praktis menyerupai jilbab sorong sehingga dapat menutupi seluruh bagian kepala dan leher secara sempurna. Sebab itu, tak heran jika ciput ninja sering dijadikan sebagai jilbab utama oleh muslimah untuk olahraga. 

Ciput ninja merupakan jenis ciput yang cocok untuk pashmina maupun jilbab square. Ciput jilbab jenis ini juga cocok untuk kamu yang berwajah bulat, pola muncung yang lebih panjang pada ciput ninja dapat menutupi sebagian pipi sehingga membuat kamu terlihat lebih tirus.

Jika kamu hendak membeli ciput ninja, pilihlah bahan yang enak dipakai. Bahan ciput ninja yang biasanya bagus dan nyaman dipakai yaitu bahan rayon dan spandeks.

4. Ciput basic

jenis Ciput basic

Ciput basic adalah jenis ciput yang tetap eksis dari dulu hingga sekarang. Desainnya yang simpel hanya menutupi bagian kepala saja, membuatnya nyaman dipakai sehari-hari.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ciput jenis ini rentan membuat gerah jika bahan dan desainnya tidak mendukung. Bahan yang terlalu tebal dan desain yang terlalu kencang bisa membuat kepalamu terasa pusing serta kepanasan. 

Untuk menghindari hal itu terjadi, kamu bisa pakai ciput basic dengan bahan spandeks yang stretch dan breathable. Seperti cap inner dari Buttonscarves yang terbuat dari material elastis sehingga dapat fleksibel mengikuti bentuk kepala. Dengan bahan yang premium tersebut, ciput spandeks dari Buttonscarves juga tidak membuat kepala gerah seperti bahan ciput basic kebanyakan.

5. Ciput renda

Nah, jika kamu menginginkan sentuhan feminin pada penampilan hijab kamu, ciput renda bisa menjadi pilihan yang menarik. Ciput renda memiliki aksen renda atau hiasan renda di bagian depan, yang memberikan detail tambahan pada penampilan ciput. 

Ciput renda sering digunakan untuk acara-acara formal atau saat ingin tampil lebih elegan. Memadukan ciput renda dengan jilbab yang sesuai akan memberikan kesan yang anggun dan mempesona.

6. Ciput topi

Siapa yang tak kenal ciput topi? Ciput topi adalah salah satu jenis ciput yang sudah lama ada dan mudah ditemukan di pasaran. Ciput dengan aksen topi di bagian depannya ini dapat membantu jilbabmu tetap tegak serta anti meleyot. 

Kini, ciput topi hadir dalam bentuk dan model yang semakin bervariasi, sehingga masih cukup sering dipakai orang-orang. Biasanya, ciput topi masih digunakan oleh ibu-ibu atau anak-anak sekolah yang membutuhkan kerapian jilbab sepanjang hari.

Baca Juga: Warna Ciput yang Cocok untuk Semua Warna Jilbab

Itu dia penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis ciput jilbab. Intinya, sebenarnya ciput diciptakan untuk memudahkanmu dalam berhijab, entah itu untuk kebutuhan syariat, fashion, maupun kenyamanan. Hanya saja jenis ciput perlu disesuaikan lagi dengan jilbab yang akan kamu kenakan.

Jika kamu sedang mencari ciput jilbab dengan bahan yang nyaman, ciput dari Buttonscarves dapat jadi pilihan terbaik untukmu. Semua jenis ciput dari Buttonscarves dibuat dengan komposisi yang ideal. Bahan yang adem, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, breathable, mudah menyerap keringat, fit menyesuaikan bentuk kepala, serta tidak mudah melar.

Back to blog

Latest articles

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Aroma Parfum yang Cocok untuk Malam Hari

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Rekomendasi Model Kacamata Hitam untuk Wanita Hijab

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Tips OOTD Baju Warna Hitam yang Simple namun Tetap Stylish

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Ini Dia 7 Model Tas Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Ini Dia 7 Model Tas Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengetahui Ukuran Celana yang Pas

Cara Mengetahui Ukuran Celana yang Pas

All articles

Categories

Beauty Fashion Other