Ini Dia Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Mudah!

Tips Menghilangkan Noda Oli di Baju pakai sabun cuci piring

Ini Dia Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Mudah!

Pernahkah baju kesayanganmu terkena noda oli? Noda oli pada pakaian sering jadi masalah yang sulit diatasi. Biasanya, noda ini didapat dari ketidaksengajaan kita saat melakukan pekerjaan di mana terdapat minyak atau pelumas.

Adanya noda oli pada baju tentunya dapat merusak tampilan baju dan bahkan membuat baju jadi tampak kotor. Hal ini tentunya akan membuatmu merasa tidak nyaman. Lantas, adakah cara ampuh untuk membersihkannya?

Tentu ada! Noda minyak atau oli dari pakaian bisa sepenuhnya hilang apabila dibersihkan dengan cara-cara khusus. Hanya saja untuk noda tertentu yang sudah cukup lama dibiarkan,  kamu perlu lebih bersabar dalam membersihkannya. Lebih lengkapnya, simak cara-cara menghilangkan noda oli di baju di bawah ini. 

Tips Menghilangkan Noda Oli di Baju

Berikut adalah beberapa cara perawatan menghilangkan noda oli di baju yang dapat kamu lakukan:

1. Pakai sabun cuci piring

Pakai sabun cuci piring

Sumber gambar: Photo by Anna Shvets from Pexels

Kamu bisa membersihkan noda oli dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, misalnya sabun cuci piring. Walaupun sabun cuci piring umumnya digunakan untuk menghilangkan noda di piring, panci, hingga wajan, tetapi sabun cuci piring juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda oli di baju, lho.  

Saat kamu menemukan noda oli di baju, segeralah bersihkan noda tersebut dengan cairan sabun cuci piring. Tuangkan sedikit sabun cuci piring langsung ke noda oli. Gosoklah dengan lembut menggunakan jari atau sikat lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin atau air hangat. Ulangi terus cara ini sampai noda oli benar-benar hilang. 

2. Shampoo

Shampoo untuk menghilangkan noda oli di baju

Sumber gambar: Pexels Photo by Castorly Stock

Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda oli di baju adalah shampoo. Shampo memiliki zat yang disebut surfaktan yang memudahkan sabun untuk menemukan kotoran. Ini juga merupakan penghilang noda yang bagus untuk kain yang lembut.

Kamu hanya perlu mengoleskan shampo cair langsung pada noda oli, lalu menggosoknya dengan perlahan. Setelah cara tersebut dilakukan, lanjutkan cuci pakaian dengan deterjen. 

3. Cuka dan deterjen bubuk

Cuka dan deterjen bubuk

Sumber gambar: Pexels Photo by Vova Kra

Cuka bisa jadi bahan pembersih yang ampuh. Rendam area baju yang terkena noda oli ke dalam cuka selama 1 jam. Kemudian, gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Selain menghilangkan noda oli, cuka putih juga bisa membantu mengembalikan baju kembali bersih.

Lalu, taburkan deterjen bubuk langsung ke noda oli dan gosok-gosok perlahan dengan jari. Biarkan beberapa menit sebelum mencuci baju seperti biasa. Deterjen bubuk akan membantu mengangkat noda oli secara efektif.

4. Gel lidah buaya

gel lidah buaya untuk menghilangkan noda oli

Sumber gambar: Pexels Photo by Tara Winstead

Selain cara di atas, kamu juga bisa menghilangkan noda oli di baju dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Bahan alami yang biasanya banyak dimanfaatkan untuk kecantikan ini, ternyata cukup ampuh, lho, digunakan sebagai penghilang noda minyak, seperti oli. 

Rendam pakaian yang terkena noda oli di dalam air panas. Lalu, gosok gel lidah buaya ke bagian noda oli di baju dengan gerakan melingkar sampai noda benar-benar memudar. Setelah itu, cuci pakaian dengan air hangat dan jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

5. Baking soda

baking soda untuk menghilangkan noda oli pada baju

Sumber gambar: Pexels Photo by Kaboompics 

Jika kamu merasa gel lidah buaya sulit didapatkan, kamu bisa menggunakan baking soda di rumah untuk membantu mengatasi noda oil yang membandel. pertama-tama , taburkan soda kue secukupnya langsung ke noda oli pada baju. Kemudian, biarkan soda kue tersebut menyerap minyak selama beberapa menit. Proses ini akan membantu mengangkat minyak dari serat kain. 

Setelah itu, gosok perlahan-nahan area tersebut dengan sikat gigi bekas dengan lembut, sehingga soda kue dapat bekerja lebih baik dalam menghilangkan noda. Lalu, cuci baju seperti biasa dengan air atau langsung masukkan ke dalam mesin cuci.

6. Garam dan lemon

lemon untuk menghilangkan noda oli pada baju

Sumber gambar: Pexels Photo by Karolina Grabowska

Terakhir, gunakan garam atau lemon untuk membersihkan noda oli di baju. Caranya, taburkan  garam dapur secara merata pada noda oli. Kemudian, gosok lembut menggunakan sikat atau spons. Biarkan selama beberapa saat agar garam dapat menyerap minyak, kemudian cuci baju seperti biasa.

Begitu juga dengan lemon, peras air lemon segar dan basahi noda oli menggunakan air lemon tersebut. Gosok lembut menggunakan sikat gigi bekas, lalu bilas dengan air dingin dan cuci baju seperti biasa.

Baca Juga: Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Itu dia, ladies, beberapa cara menghilangkan noda oli di baju yang bisa kamu lakukan. Meskipun cara-cara tersebut dapat dilakukan, namun ada baiknya kamu membaca label perawatan pakaian yang ada pada baju kamu dulu sebelum membersihkannya. 

Baju Benang Jarum

Buat kamu yang mungkin sedang mencari baju baru yang stylish dan elegan, kamu bisa mengeksplor koleksi baju dari Benang Jarum melalui website online store Benang Jarum atau bisa kunjungi offline store Benang Jarum terdekat di kotamu, ya! 

Back to blog

Latest articles

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Ini Dia Cara Mengukur Lingkar Dada yang Tepat

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu yang Menarik

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Rekomendasi Frame Kacamata untuk Wajah Bulat

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mencuci dan Merawat Sajadah dengan Benar

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Mudah

Ini Dia 7 Model Tas Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Ini Dia 7 Model Tas Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengetahui Ukuran Celana yang Pas

Cara Mengetahui Ukuran Celana yang Pas

Cara Mudah Menghilangkan Noda Luntur pada Baju

Cara Mudah Menghilangkan Noda Luntur pada Baju

Bawahan yang Cocok dengan Blouse? Simak Tips Padu Padannya di sini

Bawahan yang Cocok dengan Blouse? Simak Tips Padu Padannya di sini

Bedak biasa dan bedak cushion, apa bedanya? Simak Penjelasan Berikut!

Bedak biasa dan bedak cushion, apa bedanya? Simak Penjelasan Berikut!

All articles

Categories

Beauty Fashion Other